Ngawi

Zona Merokok di Terminal Kertonegoro Dipertanyakan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Upaya pemkab menerapkan kawasan bebas rokok tampaknya masih setengah hati. Setidaknya itu terlihat dari kondisi di ruang tunggu Terminal Kertonegoro.

Di lokasi tersebut ada zona dilarang merokok. Tepat di sampingnya terdapat area bebas merokok. Tidak terlihat adanya ruangan khusus mengisap rokok seperti tempat-tempat umum lainnya. ‘’Mending tidak usah ada saja, wong asapnya tetap ke mana-mana,’’ kata Nindy Elsasaputri, salah seorang pengunjung, Senin (30/12).

Hal senada diungkapkan Catur Cahyono, pengunjung lainnya. Menurutnya, para perokok harus peduli dengan orang-orang yang tidak merokok saat berada di tempat umum. ‘’Meskipun saya juga perokok, mestinya ada ruangan khusus untuk perokok sehingga yang lain tidak terpapar asapnya,’’ ujarnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Terminal Kertonegoro Ali Imron berdalih selama ini banyak pengunjung yang merokok di sembarang tempat. Kemudian muncul ide menyediakan area khusus untuk merokok agar para perokok lebih terkontrol. ’’Kalau ada yang merokok di area dilarang merokok, pasti kami tindak tegas,’’ ucapnya.

Sejatinya, kata dia, telah ada wacana membuat ruang khusus merokok. Namun, pihaknya terkendala status kepemilikan lahan. Rencana pembuatan ruangan merokok itu akan diusulkan pada tahun anggaran 2020. Termasuk peningkatan fasilitas ruang tunggu penumpang. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close