Madiun

Zebra Cross Jalan Diponegoro Offside, Banyak Pengendara Kecele

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pengendara yang berhenti di traffic light perlimaan Diponegoro dibuat bingung. Khususnya yang lewat dari arah barat (Jalan Diponegoro), dari arah selatan (Jalan Tamrin), maupun dari Jalan Rimba Darma yang menuju perlimaan. Pasalnya, zebra cross terkesan offside karena menjorok ke depan setelah lampu traffic light digeser.

Sehingga, pengendara yang berhenti sebelum garis penyeberangan itu tidak dapat melihat traffic light. Tidak jarang itu menyebabkan pengendara kecele. Sebab, harus menunggu bunyi klakson dari belakangnya sebagai tanda lampu hijau menyala.

Seperti yang dirasakan Siti Aisyiah, warga Kelurahan Ombo-ombo, Kartoharjo. Karena kebiasaan berhenti sebelum zebra cross, tanpa disadari dia berhenti melewati tiang traffic light saat lewat dari arah barat Jalan Diponegoro. Dia pun celingukan karena tidak mendapati traffic light. ‘’Ternyata sudah ada di belakang. Akhirnya nunggu diklakson dari belakang aja biar tahu lampunya sudah menyala hijau,’’ kata Siti.

Hal sama juga dirasakan Muhammad Thoyib. Pengendara yang kebetulan melintas dari arah selatan Jalan Thamrin dengan tujuan Nganjuk. ‘’Serasa aneh, kebetulan berhenti pas di depan sendiri,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun Ansar Rasidi membenarkan hal itu. Dia menjelaskan, markah jalan di titik tersebut bakal diperbarui. Setelah menunggu proses overlay atau pengaspalan selesai. ‘’Jadi, bukan zebra cross-nya yang maju, tapi traffic light-nya yang dipindah mundur,’’ kata Ansar.

Berdasarkan rapat bersama, overlay ditargetkan selesai dikerjakan Senin mendatang (23/12). Setelah pengaspalan jalan klir, pihaknya baru dapat memulai penataan markah di titik tersebut. ‘’Termasuk memindahkan zebra cross sesuai dengan titik traffic light,’’ lanjutnya.

Untuk penataan markah diperkirakan selesai sebelum tutup tahun. Target itu diharapkan tidak mengganggu arus perjalanan saat liburan Natal dan tahun baru (Nataru). Juga, mengakhiri kebingungan pengendara, khususnya dari luar kota. ‘’Kami imbau pengendara untuk berhati-hati. Secepatnya kami selesaikan,’’ ucapnya. (kid/c1/fin) 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button