Madiun

Zebra Cross Jalan Diponegoro Akhirnya Onside

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun bertindak cepat menanggapi kebingungan pengendara yang melintas di proliman Diponegoro. Zebra cross yang semula offside lantaran traffic light digeser telah diperbarui.

Kepala Dishub Kota Madiun Ansar Rasidi tak ingin memperpanjang persoalan kelalulintasan tersebut. Pemindahan zebra cross dirasa mendesak. Jika tak segera ditindaklanjuti dikhawatirkan kian mengganggu kenyamanan pengendara. ‘’Langsung kami perbarui,’’ kata Ansar Kamis (19/12).

Ternyata, pembaruan zebra cross tak bisa menunggu proses overlay selesai dilakukan. Sebab, pengaspalan baru itu dilakukan tahun depan. Dishub segera mengambil inisiatif. ‘’Jika menunggu pengaspalan tahun depan, banyak masalah lalu lintas nanti yang ditimbulkan,’’ ujarnya.

Zebra cross offside berada di tiga titik. Yakni, dari arah barat (Jalan Diponegoro), dari arah selatan (Jalan Tamrin), dan dari Jalan Rimba Darma yang menuju perlimaan. Markah penyeberangan jalan itu telah digeser menyesuaikan tiang traffic light. ‘’Sekarang pengendara sudah tidak kecele lagi,’’ tuturnya.

Selain di tiga titik itu, dishub juga memperbarui warna zebra cross lama. Juga bakal dipasangi rambu petunjuk arah di kaki tugu pendekar yang baru dibangun. Analisis aturan lalu lintas di proliman sudah dilakukan. ‘’Saat ini masih proses pengerjaan,’’ terangnya.

Rambu penunjuk itu dipasang di tiga penjuru arah mata angin. Misalnya, pengendara dari arah Jalan Rimba Karya jika menuju Jalan Diponegoro (timur) dapat langsung tanpa harus memutari tugu. ‘’Agar pengendara tidak bingung dan mengantisipasi kecelakaan,’’ imbuhnya.

Ansar menegaskan bahwa rambu penunjuk arah itu bersifat penunjang. Pengaturan lalu lintas yang utama tetaplah berpedoman pada traffic light. ‘’Kami kejar pemasangan rambu sebelum Nataru,’’ ujarnya.

Dia menegaskan seluruh aturan terkait markah dan rambu merupakan rumusan kesepakatan bersama. Sehingga harus dipatuhi agar tidak menimbulkan masalah. ‘’Satu aturan saja diabaikan bisa menimbulkan kecelakaan,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)  

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close