Ngawi

Yuliana Eka Suryani Dkk Batal Menari di Acara Berkelas

Latihan Tiga Hari, Dua Jam di Ruang Make-Up

Tiada yang menyangka peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 di Alun-Alun Merdeka Ngawi batal kemarin petang. Meski disebabkan bencana alam, sejumlah peserta pentas seni itu tidak bisa menutupi kekecewaan karena batal tampil.

========================== 

SUGENG DWI, Ngawi, Jawa Pos Radar Ngawi

BERJAM-JAM Yuliana Eka Suryani menghabiskan waktu di depan meja rias terasa percuma. Hiasan make-up di wajahnya untuk penampilan tari gendewa di acara peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 itu dihapus. Raut kekecewaan tidak bisa disembunyikan ketika panitia event memutuskan membatalkan acara. Setelah panggung acara di Alun-Alun Merdeka Ngawi itu disapu angin kencang Kamis petang (7/11). ‘’Sedikit kecewa karena sudah latihan tapi batal tampil,’’ kata Yuliana.

Rencananya, Yuliana dan tiga temannya bakal unjuk gigi tidak lama setelah magrib. Melenggak-lenggokkan tubuh dengan membawa busur panah di hadapan penonton dari berbagai daerah di Jawa Timur. Sadar acaranya berkelas, mereka serius berlatih selama tiga hari. Bahkan, tari selama enam menit itu dimodifikasi ulang. ‘’Ada pola lantai yang kita ubah dan tambah dari biasanya. Lebih rumit pokoknya, karena ini event Jawa Timur,’’ ungkapnya.

Demi menunjang aksi panggung, pelajar kelas IX itu mencoba memaksimalkan dandanan. Berkutat selama dua jam di ruang make-up sejak pukul 16.30. Sebab, harus mengenakan sanggul dan bunga di kepala. ‘’Karena ribet dan butuh waktu lama,’’ ujarnya.

Sri Haryati, pelatih tari Yuliana, juga ikut kecewa. Awalnya guru seni budaya itu tidak tahu kalau panggung disapu angin kencang. Kondisi porak-poranda baru diketahuinya saat tiba di lokasi. Kaget, tentu saja. Sebab, kondisi cuaca selama perjalanan dari Geneng ke kota tidak ekstrem. ‘’Di Geneng cuma gerimis,’’ sebutnya.

Meski begitu, Sri bersyukur bencana itu terjadi sebelum acara dimulai. Juga tidak ada korban jiwa. Acara serupa diharapkan bisa digelar kembali di Ngawi. ‘’Walau bukan kali pertama tampil, tapi agak kecewa dan disayangkan,’’ ucapnya. ***(cor/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button