Advertorial

Wujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Akuntabel

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pembangunan Ngawi melesat selama satu dekade di bawah kepemimpinan Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono dan Wakilnya Ony Anwar Harsono. Pemerintahan yang bersih dan akuntabel menjadi kunci tercapainya hal itu. ‘’Beliau mengedepankan keterpaduan dan komitmen bersama dalam menjalankan pembangunan,’’ kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Indah Kusuma Wardhani.

Indah mengungkapkan, 2017 lalu menjadi momen penting dalam mewujudkan good and clean government. Bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pemkab Ngawi mulai menjalankan program Pencegahan Korupsi Terintegrasi. ‘’Program ini menjadi pemicu bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan kinerja di era keterbukaan,’’ terangnya.

Kanang juga piawai mengolaborasikan prioritas pembangunan provinsi dan nasional. Itu dibuktikan dengan terpilihnya Ngawi sebagai daerah yang mendapatkan program percepatan pembangunan nasional, sebagaimana tertuang dalam Perpres 80/2019. ‘’Wujudnya, pembangunan Pasar Besar Ngawi, Pasar Beran, pengembangan ATP Ngrambe, kawasan industri, dan Exit Tol Walikukun,’’ jelas Indah.

Pemkab Ngawi juga rajin menelurkan berbagai inovasi. Dia memerinci, sedikitnya 80 inovasi telah diverifikasi oleh Kemendagri. Tak heran Ngawi dianugerahi predikat sangat inovatif dalam penilaian Innovation Government Award (IGA) 2020. ‘’Ngawi masuk peringkat 19 nasional untuk kategori kabupaten,’’ tuturnya.

Sederet prestasi lain juga ditelurkan. Pada 2018 lalu Ngawi menyabet penghargaan Harapan I Agropolitan Award Jatim. Pada 2019 Ngawi menyabet penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah PPD 2019. Di tahun yang sama, Ngawi terpilih sebagai salah satu dari seratus daerah yang masuk dalam Jaringan Informasi Geospasial Nasional. ‘’Ini menjadi bukti kesuksesan Pemkab Ngawi dalam menyelenggarakan pembangunan,’’ tandasnya. (rio/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close