Advertorial

Wujudkan Hunian Layak, Ciptakan Lingkungan Sehat

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sejumlah prestasi sukses diukir Bupati Budi ”Kanang” Sulistyono dalam menangani urusan perumahan dan kawasan permukiman di Ngawi. Selama kurun 2017-2019, tren kinerja sejumlah bidang menunjukkan peningkatan yang signifikan. ‘’Pak Kanang sangat baik dalam memimpin koordinasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD). Ini mendorong setiap OPD maksimal dalam menuntaksan program kerja,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Ngawi Purwono Broto Wasisto.

Salah satu indikator prestisius yakni cakupan lingkungan sehat dan aman, yang didukung prasarana sarana dan utilitas umum (PSU). Dari yang semula hanya 9,2 persen pada 2017, Kanang terus menggenjot peningkatan cakupannya. Pada 2018, cakupan lingkungan sehat dan aman mencapai 35,48 persen. Pada 2019 cakupan sudah mencapai 64 persen. ‘’Akan terus kami upayakan lebih baik lagi,’’ ujarnya.

Kanang juga berhasil menggenjot peningkatan cakupan rumah tinggal bersanitasi. Pada 2017, rumah tinggal bersanitasi di Ngawi mencapai 77 persen. Pada 2019, indikator tersebut berhasil dikerek naik hingga mencapai lebih dari 90 persen. ‘’Perbaikan sanitasi penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,’’ terang Purwono.

Menurut dia, Kanang sangat mampu dalam memimpin jajaran OPD di Pemkab Ngawi. Berkat kepemimpinan Kanang, seluruh OPD dapat didorong menuntaskan berbagai program kerja sesuai target. Selama satu dekade, banyak capaian lain yang juga ditorehkan pemerintahan Kanang untuk kabupaten ini. ‘’Beliau tipe orang yang humanis. Komunikasi tidak tegang. Koordinasi lintas OPD menjadi lebih lancar sehingga program kerja dapat tereksekusi dengan baik,’’ pungkasnya. (rio/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button