Wong Sing Ngasilake Karya Sastra Wujud Geguritan Diarani – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Kirtya Basa VII 89 Gambar 3. Surabaya Pipling Zoo • Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk menulis kartun. • Untuk mempermudah belajar menulis lagu, saya akan menjelaskan langkah-langkahnya di bawah ini. 1. Tentukan tema puisi tersebut. Ketika subjek ini ditentukan, kita akan memiliki standar, dan gagasan kita tidak akan dibingungkan. 2. Kumpulkan kata-kata yang berhubungan dengan topik yang dipilih. Misalnya topik yang kita putuskan adalah tentang permintaan siswa kepada guru. 3. Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata yang terkumpul. 4. Berdasarkan langkah 1, 2, dan 3 di atas, kita dapat menyusun kartun. Tugas 4: Memberitahukan isi lirik puisi Coba baca puisi di bawah ini dengan cermat, kemudian diskusikan dengan teman secara berkelompok dan jawab pertanyaannya! Indonesiaku oleh: Septaka Ratna S. Jamrud Khatulistiwa Nama panggilanku Rowa… Pesona lautan tak berujung dari Sabang hingga Pulau Meroka… Indah dipandang mata Ijo royo-royo menjadi ajang pengalaman hati Susih blegedhu tukem Hidup bersama kini, hidup Aku ciptakan kedamaian dan keharmonisan Hanya yang terjadi dalam mimpi Mimpi yang mulia dan indah Tak bisa terwujud Kini hanya debu dan lumpur Blue Peng Ada keinginan memuliakan meski orang dunia

Wong Sing Ngasilake Karya Sastra Wujud Geguritan Diarani

90 Kirtya Basa Ketujuh Aku tidak mempedulikan urutan kebajikan Aku tidak mempedulikan nyawa orang lain Hanya ada satu hal yaitu kehidupan yang lebih tinggi Di atas penderitaan ayahku Ini adalah tanahku Kelahiranku sampai kematianku Tanahku Tanah nenek moyangku, tanah yang kucintai dihatiku dan setiap langkah Indonesiaku…. Lagu di atas? 2. Siapa yang menulis puisi di atas? 3. Apa tema puisi tersebut? 4. Apa pesan moral dalam puisi tersebut? 5. Apa bahasa dalam puisi itu? 6. Menurut penyair, bagaimana keadaan negara Indonesia? Ceritakan kisah dalam bahasa Anda sendiri! Mendeskripsikan sebuah puisi dapat dilakukan melalui parafrase. Parafrase mengubah lirik lagu menjadi lirik. Cara: 1. Mendefinisikan kata-kata yang tertulis dalam puisi. Anda dapat menggunakan kamus jika menemukan kata. 2. Ubah kalimat Panatian menjadi kalimat sambung 3. Gabungkan satu kalimat dengan suku kata lain untuk membentuk kalimat Tip: Untuk memahami isi puisi, penting untuk memperhatikan hal-hal berikut: 1. Menentukan kata-kata sulit dalam puisi, jika sulit untuk mendefinisikan kata – kata kawi, Anda dapat mencarinya di kamus. 2. Pahami arti tulisan pada setiap baris/baris dan tuliskan dalam kalimat. 3. Mencocokkan makna antara kata-kata yang tertulis dalam kalimat. 4. Temukan gagasan utama dalam puisi itu. 5. Tuliskan kalimat yang menjadi gagasan utama puisi tersebut. 6. Gagasan Normatif Dapat disimpulkan bahwa gagasan normatif yang paling utama adalah pesan moral atau keyakinan dalam puisi.

Baca Juga  Menjaga Nilai Persatuan Dalam Keluarga Merupakan Kewajiban

Bahasa Jawa 7

Kirtya Basa VII 91 Kegiatan 3 Membuat teks sendiri Tugas 1: Membaca lirik lagu BUMIKU ARTH yang indah Penulis: Ibu Sunami Bumi ini milik saya yaitu ayah Adam dan ibu Hawa. Saya tidak membelinya, saya tidak menyewanya. Ku hirup udara Ku hirup sari airnya Ramsuk menembus tulang Di dalam bubur Milli Aku yang diwarisi dari ayah baptisku Aku ingin menguasai tanah berupa sungai dan gunung asal kau tahu tidak memiliki tanah warisan ini Siapa Anda dan apa yang ingin Anda lakukan ? Nada, sikap dan ekspresi! Teman-teman yang lain menilai bacaannya sebagai berikut: Nama: Jumlah kelas/ketidakhadiran: Aspek Nilai Kuantitas 1 2 3 4 Pronunciation Intonation Attitude Expression

92 Kirtya Basa VII Tugas 2: Menjawab teks lagu 1. Coba jawab pertanyaan berikut secara detail! a.Apa judul lagu di atas? B Siapa yang menulis puisi di atas? c Siapa yang memiliki tanah ini? d Pada bait pertama dan kedua, jelaskan apa? e Jelaskan apa yang ada di bait ketiga dan keempat? f Apa yang harus dilakukan di tanah ini? Ya, siapa yang melakukan ini? h Jelaskan apa yang Anda lihat dalam puisi itu! 2. Setelah menjawab, ulangi isi puisi di atas dengan bahasamu sendiri! 3. Jelaskan pesan moral/keyakinan yang terdapat dalam puisi tersebut! 4. Jelaskan struktur teks lagu “Bomiko” di atas dengan bukti dari kalimat-kalimat yang mendukung pernyataan Anda! 5. Jelaskan unsur-unsur bahasa dalam teks: a. Ciri-ciri linguistik teks puisi: Buktinya ada di teks. ………………………………………. .. .. B. Bahasa Raning (Inter, Sarvaja, Garba): Bukti ada di teks ……………………………. .. ……………………………………….c . Tingkat Bahasa (Language Level): Buktinya ada di dalam teks. ………………………… 6. Menjelaskan nilai karakter dan relevansinya. Lirik lagu “Tanahku”! a Moral value/pesan moral: Buktinya ada di teks. ……………………………… B Relevansi isi cerita dengan situasi saat ini: pembuktiannya teks masuk. ………………………………………. ..

Kirtya Basa VII 93 Tes Bakat Pelajaran 5 I. Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban yang benar! 1. Hasil karya sastra Jawa yang mengikuti kaidah guru sastra, guru bilangan dan guru syair disebut …. nyanyi b nyanyi c puisi d gancaran 2. Hasil karya sastra Jawa yang tidak terikat aturan guru sintaksis, guru bilangan dan guru lirik dan yang berbentuk puisi disebut …. a. Mantra b Sing c Puisi d Gankaran 3. Orang yang menciptakan karya sastra berupa puisi disebut …. a. Poet b Trade c. Komposer D Singer 4. Dalam bahasa Indonesia, lagu gagarg baru disebut …. a. Puisi b Prosa c Karya Ilmiah d. motto 5. Simak kutipan lagu di bawah ini! Saatnya sekolah dimulai. Ini adalah pertanyaan yang dimiliki banyak siswa pada Sabtu pagi. ……………….. Lagu mewakili …. a. Mengenal guru vokal b. Pengantar sastra guru c. awal lumaxite d. Pengantar untuk guru bahasa 6. Bahasa yang paling sering digunakan dalam puisi adalah bahasa …. a. Semangat tinggib. istana c. Oleh karena itu d. Bigongan 7. Untuk memahami isi pantun, terlebih dahulu harus dipahami…. a. Arti kata itu

Baca Juga  Peristiwa Sehari-hari Apa Sajakah Yang Menunjukkan Terjadinya Peristiwa Mencair

94 Kirtya Basa VII b. Metode membaca c. Makna kalimat d. Menemukan ide 8. Untuk membaca puisi dengan baik, kamu harus …. a. Pemahaman tentang apa yang dibaca b Pemahaman tentang apa yang tertulis c Memahami bentuknya. Pemahaman Isi 9. Untuk menulis puisi yang baik dan enak dibaca, diperlukan …. a. Kata-katanya indah, belalang sembah b. Kata-katanya bagus, mentes c. masukkan kata d. Ilmu Kata 10. Lagu Panjabar Semangat berjudul “Indonesiako” ditulis oleh …. septaka ratna SB HM. Moersito c. Rama Sudi Yatman d. Ibu Tsunami II. Bacalah puisi ini dengan cermat! Di pagi hari awan menguning, kondisi gelap gulita, semua orang tertidur lelap, dan tubuh tidak lama tanpa suara Badai memanggil, pagi telah berganti Nyanyian matahari Matahari kembali mekar Semua terjaga Semua senang Semua hewan bersinar Bunga kembali mekar Muhammad Khairunas 5 Maret 2012 22.30

Pembelajaran Kelas 7

Kirtya Basa VII 95 Jawablah pertanyaan berikut dengan teliti! 1. Apa judul puisi di atas? 2. Siapa yang menulis puisi di atas? 3. Apa yang dijelaskan puisi di atas? 4. Bahasa apa yang terdapat dalam puisi tersebut? 5. Nyatakan apa yang kamu ketahui dalam puisi tersebut! 6. Setelah menjawab, ulangi isi puisi di atas dengan bahasamu sendiri! 7. Tuliskan pesan moral/iman yang terdapat dalam puisi tersebut!

96 Kirtya Basa VII Pelajaran 6 Kompetensi Inti Indikator Pengajaran 1.1 Menghargai dan menghargai keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah dari Allah SWT untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bahasa daerah maupun bahasa daerah. Budaya dapat dilestarikan dan dikembangkan. Upaya pembinaan dan pengembangan budaya bangsa 1.1.3 Berdoa sebelum dan sesudah belajar bahasa daerah. 1.1.4 Menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi secara santun 1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah dari Allah SWT sebagai media penyampaian informasi lisan dan tulisan sesuai tata krama 2.2 Menyampaikan informasi lisan dan tulisan. Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab dalam respon pribadi terhadap karya budaya masyarakat setempat yang sarat makna dan adab 2.2.1 Rasa percaya diri dan tanggung jawab dalam respon pribadi terhadap pesan moral lagu Makepat. 2.2.2 Keyakinan dan kesantunan dalam menyanyikan lagu Makapoto 3.5 Memahami struktur teks, unsur kebahasaan dan pesan moral lagu Makapto dan cipta lagu secara lisan dan tulisan 3.5.1 Mengenal struktur teks lagu Makapoto 3.5.2 Mengenali struktur teks lagu Makapoto lagu Klasifikasi unsur linguistik. 3.5.3 Merangkum pesan moral puisi tersebut. 4.5 Menyanyikan dan menyampaikan pesan lagu make up dan lagu kreasi 4.5.1 Membaca partitur lagu make up. 4.5.2 Menyanyikan pujian 4.5.3. Mengungkapkan pesan yang terkandung dalam lagu. 4.5.4 Menulis puisi sesuai aturan.

Baca Juga  Serangan Tangan Arah Bawah Meliputi

Kirtya Basa VII 97 Menemukan Wawasan 1. Cocokkan gambar di bawah ini! Simak penampilan penyanyi Duija Lars SMPN 6 di Halaman Pemkot Kederi berikut ini! PUCUNG Pengetahuan adalah apa yang terjadi.

Contoh karya sastra puisi, karya tulis sastra, novel karya sastra, karya sastra, wong sing, gambar ilustrasi karya sastra, jenis karya sastra, sastra jawa geguritan, contoh karya sastra novel, bentuk karya sastra, pengantar apresiasi karya sastra, buku karya sastra