Ponorogo

Wisatawan Telaga Ngebel Dites Acak

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Boleh piknik tapi jangan bikin panik. Kunjungan wisatawan ke Telaga Ngebel diperketat. Boleh masuk kawasan wisata asal dapat menunjukkan surat bebas korona. Bagi yang tak membawa, di-rapid test secara acak. ‘’Wisatawan kami rapid test random Sabtu-Minggu (15-16/5),’’ terang Patkai, petugas loket Telaga Ngebel.

Wisatawan juga diminta menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP). Sabtu banyak kunjungan dari luar kota. Minggu hanya terdeteksi lima wisatawan interlokal. ‘’Ada yang dari Surabaya, Jombang, Nganjuk, dan Sukoharjo,’’ ungkapnya.

Sebenarnya, Polsek Ngebel melarang kedatangan wisatawan dari luar kota. Namun, tetap saja ada yang lolos. Karena itulah diberlakukan rapid test acak sejak pukul 09.30 hingga 11.30. ‘’Kami skrining di pintu masuk telaga dari arah Ponorogo,’’ ujarnya.

Normalnya, telaga Ngebel berkapasitas 10 ribu orang. Kali ini, Dinas Pariwisata Ponorogo hanya boleh menerima empat ribu wisatawan. Menilik dari tiket yang terjual hanya tembus seribuan. ‘’Jika sudah melampaui kapasitas, gerbang kami tutup. Pengunjung yang datang belakangan kami minta putar balik,’’ tegasnya.

Tak ringan tugas yang diembang petugas wisata di masa libur lebaran ini. Mereka harus cakap mengatur kunjungan tidak melampaui kapasitas yang telah ditentukan. Juga memperketat pengawasan agar tak kecolongan wisatawan pelanggar protokol kesehatan. ‘’Wisatawan hanya boleh berkumpul dengan keluarganya. Jika terpaksa berbicara dengan orang lain harus mengenakan masker,’’ pungkasnya. (mg7/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button