Magetan

Wisata Religi di Kampung Madinah Ditata

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kampung Madinah terus berbenah. Setelah rampung memuluskan akses jalan dari Sukomoro, giliran akses dari Taji dikerjakan tahun ini. Pembangunan Jembatan Randu Kuning yang juga merupakan akses masuk Desa Temboro juga telah selesai digarap.

Proses pendampingan akal dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan. Guna memaksimalkan keberadaan Kampung Madinah sebagai sapta pesona wisata religi di kabupaten ini. ‘’Kami perlu berkoordinasi dengan pemdes untuk mendorong warga menyiapkan homestay yang nyaman,’’ kata Kepala Disparbud Magetan Joko Trihono, Selasa (4/5).

Joko menaksir butuh waktu hingga dua tahunan untuk menata Kampung Madinah secara keseluruhan. Mulai hunian hingga penataan pedagang. Masyarakat setempat perlu mendapatkan edukasi secara intensif. ‘’Pembiasaan butuh waktu lama,’’ ujarnya.

Dinas perhubungan (dishub) diharapkan turut berperan serta mengembangkan Kampung Madinah. Semisal, menghadirkan bus Damri yang bisa memfasilitasi antar-jemput setiap kunjungan. ‘’Saya sounding ke dishub untuk membangun halte di sana,’’ terangnya.

Dinas perumahan dan permukiman dan lingkungan hidup (disperkim-LH) juga diminta turut serta menata lingkungan. Sedangkan infrastruktur jalan di-handle dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR). ‘’Butuh kerja sama antar-OPD untuk mengembangkan kawasan yang cukup potensial itu,’’ tuturnya. (fat/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button