Magetan

Kembang di Bukit Thuksono Jadi Spot Foto Pengunjung

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan –  Desa Gonggang, Poncol, Magetan, pernah tersohor karena keberadaan objek wisata Punthuk Geneng. Namun, karena jalurnya tidak representatif, wahana itu sepi pengunjung. ‘’Wisata desa ini coba dikembangkan,’’ kata Kepala Desa (Kades) Gonggang Kusnaini Jumat (7/9).

Diproyeksikan sebagai agrowisata. Lokasinya tidak jauh dari tempat pemakaman umum. Keberadannya juga untuk mengikis kesan angker. ‘’Tidak hanya bunga, tapi juga banyak jenis pepohonan,’’ ujarnya.

Kusnaini menyebut, warga setempat memanfaatkan kawasan itu untuk pembibitan. Seperti durian, cengkih, dan karet. Tanpa meninggalkan budidaya bunga di bukit yang dikenal nama Thuksono tersebut. ‘’Jumlahnya sudah lumayan, tapi warga terus mengembangkannya,’’ tuturnya.

Tanaman bunga awalnya hanya di sekitar dua pohon besar dekat makam. Tapi kini, merata di hampir kompleks makam. Di antaranya bunga jengger ayam, kancing, dan lain sebagainya. Pemdes berharap lokasi wisata kembang tidak hanya untuk spot foto, tapi sarana pengenalan lingkungan. ‘’Wisata edukasi bagi pengunjung,’’ ujarnya. (fat/cor)