News

Wilayah Indonesia Membentang Dari Barat Ke Timur Yaitu Pada Kota

×

Wilayah Indonesia Membentang Dari Barat Ke Timur Yaitu Pada Kota

Share this article

Wilayah Indonesia Membentang Dari Barat Ke Timur Yaitu Pada Kota – Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas daratan ketujuh terbesar di dunia. Lalu apa saja perbatasan Indonesia bagian utara, selatan, barat, dan timur?

, wilayah Indonesia pertama kali diketahui dari Meja Bundar (RTC) di Den Haag, Belanda pada tahun 1949.

Wilayah Indonesia Membentang Dari Barat Ke Timur Yaitu Pada Kota

KMB saat itu memutuskan wilayah Indonesia adalah seluruh bekas jajahan Belanda yang membentang dari barat ke timur sepanjang 5.110 km dan dari utara ke selatan sepanjang 1.888 km.

Ide Pokok Paragraf Pertama Adalah….2. Ide Pokok Paragraf Kedua Adalah….3. Ide Pokok Paragraf

Luas wilayah Indonesia mencapai 5.193.252 km2, dimana 1.890.754 km2 merupakan daratan dan 3.302.498 km2 merupakan lautan. Jadi luas daratan Indonesia hanya sekitar 1/3 dari luas wilayah Indonesia, sedangkan 2/3nya adalah lautan.

Di luar batas negara di atas, pemerintah Indonesia juga menerapkan konsep perairan teritorial maritim yang dikenal dengan Deklarasi Juanda pada 13 Desember 1957.

Inti dari deklarasi tersebut adalah bahwa laut dan perairan antar pulau merupakan pemersatu dan penghubung antar pulau, serta batas maritim diukur 12 mil dari garis pangkal pantai pulau terluar.

Deklarasi Juanda akhirnya mendapat pengakuan global pada tahun 1982, ketika Konvensi Internasional Hukum Laut diselenggarakan di Jamaika.

Pengaruh Dan Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Perairan nusantara merupakan wilayah perairan yang terletak di dasar laut, teluk, dan selat yang menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya di Indonesia. Ini termasuk danau, sungai, dan lahan basah di darat.

Batas laut teritorial adalah batas laut yang ditarik dari garis pangkal dengan jarak 12 mil dari laut. Garis pangkal adalah garis khayal yang menghubungkan titik-titik ujung terjauh kepulauan Indonesia. Laut yang terletak di dalam garis pangkal merupakan laut pedalaman. Dalam batas-batas laut teritorial ini. Indonesia mempunyai hak berdaulat penuh. Kapal asing yang melintasi laut teritorial ini harus meminta izin kepada Indonesia. Namun demi perdamaian dunia, Indonesia harus menyediakan jalur laut untuk lalu lintas yang damai.

Indonesia meratifikasi UNCLOS 1982 dengan UU No. 17 tanggal 31 Desember 1985. Sejak tanggal 16 November 1994 disahkan menjadi undang-undang positif. Sebagai konsekuensi. Indonesia akan membuka tiga Jalur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang melewati perairan pedalaman negara kepulauan Indonesia, yaitu ALKI-I, ALKI-II, dan ALKI-III. Dalam keadaan normal ALKI digunakan pada jarak 25 mil dari kanan ke kiri. Sebagai bentuk konkrit ratifikasinya, Indonesia telah menerbitkan tiga peraturan pemerintah, PP nomor 36, 37, dan 38 Tahun 2003.

Landas kontinen adalah dasar laut yang jika dilihat dari segi geologi dan geomorfologi merupakan perpanjangan dari benua atau benua. Kedalaman landas kontinen tidak melebihi 150 meter. Tepi landas kontinen diukur dari pantai ke arah luar dan jarak maksimumnya adalah 200 mil. Apabila terdapat dua negara yang berbatasan yang menguasai laut dalam suatu landas kontinen dan jaraknya kurang dari 400 mil, maka landas kontinen masing-masing negara dimundurkan dengan jarak yang sama dari garis pangkal masing-masing. Sudah menjadi kewajiban negara ini untuk tidak mengganggu lalu lintas laut yang damai di dalam batas landas kontinen.

Baca Juga  Laut Kalimantan

Letak Astronomis Indonesia Adalah 6° Lu

Di dalam garis landas kontinen, Indonesia mempunyai kewenangan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang terdapat di sana, dengan kewajiban untuk menjamin jalur laut yang damai. Proklamasi Batas Landas Kontinen dikeluarkan pemerintah Indonesia pada tanggal 17 Februari 1969 yang menyatakan bahwa kekayaan alam landas kontinen adalah milik negara Indonesia.

Pada tanggal 13 Desember 1957, pemerintah Indonesia mengeluarkan pernyataan yang dikenal dengan Deklarasi Huanda. Deklarasi ini melahirkan Wawasan Nusantara. Deklarasi tersebut menyebutkan bahwa wilayah perairan Indonesia adalah 12 mil dari garis pangkal pantai masing-masing pulau hingga titik terjauh. Sedangkan pada tanggal 21 Maret 1980, pemerintah Indonesia mengeluarkan batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) sepanjang 200 mil diukur dari garis pangkal wilayah laut Indonesia.

Zona Ekonomi Eksklusif merupakan jalur laut lepas pantai selebar 200 mil, diukur dari garis pangkal hingga laut lepas. Dalam zona ekonomi eksklusif, Indonesia mempunyai peluang untuk memanfaatkan sumber daya kelautan. Di dalam zona ekonomi eksklusif ini, kebebasan navigasi dan pemasangan kabel serta pipa di bawah permukaan laut tetap diakui sesuai dengan prinsip hukum maritim internasional. Apabila batas wilayah, batas landas kontinen, dan batas zona ekonomi eksklusif antara dua negara yang bertetangga bertumpang tindih, maka garis yang menghubungkan titik-titik yang berjarak sama dari garis pangkal kedua negara ditetapkan sebagai perbatasan.

Data Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda ketika Anda memerlukan bantuan atau ketika aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda. Peta Indonesia merupakan representasi visual wilayah Indonesia. Peta ini menunjukkan berbagai informasi geografis dan politik tentang negara tersebut. Berikut beberapa elemen penting yang biasa terdapat pada peta Indonesia:

Bts Uso Di Indonesia Timur, Jaringan 4g Xl Axiata Membentang Hingga Maluku & Papua

Elemen 1: Bentuk wilayah Peta Indonesia menunjukkan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memiliki konformasi teritorial yang unik dan kompleks. Pulau-pulau ini memanjang dari barat ke timur dan utara ke selatan. Beberapa pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan (Kalimantan), Sulawesi, dan Papua terlihat jelas di peta. Pulau-pulau kecil juga ditampilkan, meski mungkin tidak sejelas pulau-pulau besar.

Baca Juga  Daerah Bahasa Inggrisnya

Elemen 2: Pesisir Pesisir Indonesia sangat panjang dan terbentang sepanjang lebih dari 54.000 kilometer. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pulau-pulau yang dikelilingi oleh laut. Peta tersebut menunjukkan pantai dalam berbagai detail. Pantai, teluk, teluk, selat, dan selat yang berkelok-kelok terlihat jelas di peta. Contohnya adalah Teluk Manado di Sulawesi Utara atau Teluk Jakarta di Pulau Jawa.

Elemen 3: Provinsi dan Kota Peta Indonesia juga menunjukkan batas administratif yaitu provinsi. Setiap provinsi mempunyai batas wilayahnya masing-masing, yang dapat berupa garis-garis yang terlihat pada peta. Provinsi kemudian dapat dibagi menjadi kota atau kabupaten yang lebih kecil. Peta tersebut menunjukkan nama provinsi dan kemungkinan nama kota penting di setiap provinsi.

Angka 4: Ibukota Ibu kota Indonesia yaitu Jakarta ditandai dengan simbol khusus pada peta. Jakarta terletak di pulau Jawa dan merupakan pusat politik, ekonomi dan budaya negara. Simbol ibu kota ini membantu masyarakat dengan cepat mengetahui lokasi pusat pemerintahan Indonesia.

Keunggulan Bangsa Indonesia Dibandingkan Bangsa Lain

Elemen 5: Peta pegunungan dan barisan pegunungan juga dapat menampilkan informasi tentang fitur topografi. Gunung-gunung penting dan pegunungan Indonesia dapat ditampilkan dengan simbol-simbol khusus. Misalnya saja Gunung Bromo di Jawa Timur atau Gunung Rinjani di Lombok. Pegunungan Cordillera di Papua juga mungkin hadir karena merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Elemen 6: Sungai Peta biasanya juga menunjukkan sungai-sungai besar di Indonesia. Sungai-sungai ini mengalir melalui berbagai wilayah dan berperan penting dalam kehidupan manusia dan lingkungan. Contohnya adalah Sungai Kapuas di Kalimantan, Sungai Musi di Sumatera, atau Sungai Mahakam di Kalimantan Timur.

Elemen 7: Laut dan Samudera Laut dan samudera juga merupakan elemen penting dalam peta Indonesia. Negara ini dikelilingi oleh berbagai lautan seperti Laut Jawa, Laut Bali, Laut Sulawesi, dan Laut Natuna. Peta tersebut dengan jelas menunjukkan batas-batas maritim tersebut sehingga kita dapat memahami bagaimana wilayah Indonesia terhubung dengan perairan internasional.

Elemen 8: Perbatasan Internasional Peta Indonesia juga menunjukkan perbatasan dengan negara tetangga. Misalnya perbatasan dengan Malaysia di Kalimantan, perbatasan dengan Timor Timur di Timor, perbatasan dengan Papua Nugini di Papua, dan perbatasan laut dengan Australia di sebelah timur.

Tentukan Pokok Pikiran Dan Informasi Penting Dari Bacaan Di Atas!paragraf 1 :paragraf 2:paragraf

Butir 9: Koordinat titik dan peta skala memiliki sistem koordinat geografis yang membantu menentukan lokasi setiap titik pada peta. Koordinat ini biasanya meridian dan lintang. Selain itu, skala peta juga penting. Skala menunjukkan seberapa luas wilayah yang diwakili peta dibandingkan dengan wilayah sebenarnya. Skala dapat dinyatakan dalam berbagai bentuk, misalnya 1:1.000.000, artinya setiap satuan panjang peta mewakili 1.000.000 satuan panjang sebenarnya.

Baca Juga  Contoh Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi Berikut Ini Adalah

Elemen 10: Legenda Legenda merupakan bagian penting dari peta karena menjelaskan simbol-simbol yang digunakan. Simbol-simbol tersebut dapat berupa ikon kota, ibu kota, perbatasan, gunung, sungai, dll. Legenda membantu kita memahami arti setiap simbol sehingga kita dapat membaca dan memahami peta dengan benar.

Oleh karena itu, peta Indonesia merupakan representasi visual yang kaya informasi mengenai wilayah geografis dan politik negara ini. Melalui elemen-elemen tersebut kita dapat lebih memahami keragaman geografis, topografi, dan administratif Indonesia, negara yang terletak di garis khatulistiwa antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Berbatasan dengan Malaysia di utara, Timor Timur, dan Papua Nugini di timur, juga berbatasan dengan Australia di selatan, Palau, Filipina, Vietnam, Singapura, dan Thailand di utara, serta India di utara, barat. Indonesia terkenal dengan pulau-pulaunya yang besar dan banyak, termasuk pulau Bali yang eksotis.

Indonesia merupakan negara raksasa di Asia Tenggara. Dengan 18.330 pulau, 6.000 di antaranya berpenghuni, ini merupakan kepulauan terbesar di dunia. Untuk memberikan gambaran betapa luasnya wilayah Indonesia, Indonesia terbentang dari barat ke timur seperti halnya Amerika Serikat atau Eropa Barat dan Eropa Timur, namun karena Indonesia merupakan negara kepulauan maka lebih dari dua pertiga wilayahnya merupakan wilayah maritim. Dengan jumlah penduduk hampir 250 juta jiwa, india merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia – setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat – dan sejauh ini merupakan negara terbesar di Asia Tenggara. Indonesia juga memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, yang mayoritas beragama Sunni. Indonesia adalah anggota G20 dan mempunyai banyak potensi untuk menjadi pemimpin dunia, namun terhambat oleh korupsi yang parah dan rendahnya tingkat pendidikan.

Benua Semuanya Master

Indonesia diiklankan sebagai Indonesia Indah, dan memang begitulah slogannya, meski belum tentu dalam arti yang baik. Hutan tropis Indonesia merupakan hutan tropis terluas kedua di dunia setelah Brazil, dan jumlah penebangan liar juga menurun pada tingkat yang sama mengkhawatirkannya. Sementara sebagian orang pergi ke toko-toko mewah dan berpesta di Jakarta, Bali, Yogyakarta, Lombok, Danau Toba dan Madura, masyarakat miskin bekerja keras dan berjuang untuk berbuat lebih banyak agar dapat bertahan hidup. Setelah beberapa dekade melakukan kesalahan

Urutan jenis hutan di wilayah indonesia dari barat ke timur, wilayah waktu indonesia barat, wilayah paling barat indonesia, wilayah indonesia bagian timur, wilayah barat indonesia, wilayah indonesia terletak diantara dua benua yaitu, wilayah timur indonesia, batas untuk lintang selatan wilayah indonesia yaitu pulau, total luas wilayah perairan indonesia yaitu, wilayah indonesia paling timur, wilayah indonesia bagian barat, total luas wilayah perairan indonesia yaitu dari garis pantai