Pacitan

Website Diskominfo Pacitan Dijahili Hacker

PACITAN – Laman resmi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pacitan sempat dibobol hacker. Halaman muka website kominfo.pacitankab.go.id diblok hitam. Sedangkan di bagian tengah, terdapat dua baris tulisan: hacked by owlsquad dan nothing can stop our march.

Sesuai tulisan itu, diperkirakan peretas website diskominfo tersebut owlsquad. Sayangnya tidak ada informasi lainnya terkait pelaku pembobol website itu. Pembobolan website tersebut diketahui Sabtu (16/2). Sedangkan saat diakses kembali kemarin (17/2) sudah kembali normal.

Hanya, dalam mesin pencarian Google, deskripsi halaman masih menggunakan huruf kanji. Diperkirakan belum dibenahi. Anehnya, Kepala Diskominfo Pacitan Rachmad Dwiyanto belum tahu jika laman resmi dinas yang dia pimpin diretas. ‘’Belum ada laporan, nanti kami akan periksa,’’ katanya kemarin (17/2).

Rachmad berjanji bakal memeriksa dampak pembobolan laman tersebut. Hasilnya akan dijadikan dasar mengambil tindakan. Hanya, dia belum berangan-angan untuk memperkarakan pembobolan tersebut. ‘’Kami lihat dulu dampaknya sebagai tindak lanjut berikutnya,’’ ujarnya.

Pihaknya tidak begitu khawatir dengan pembobolan website tersebut. Pasalnya, laman tersebut memang terbuka. Hanya berisi informasi kegiatan lingkup Pemkab Pacitan dan pengumuman-pengumuman. Pun tidak asa data penting yang bersifat rahasia. ‘’Website itu terbuka, tidak ada data yang disembunyikan dan bisa diakses siapa saja,’’ jelasnya.

Sebagai langkah awal, usai pemeriksaan pihaknya bakal memperbaikinya. Stafnya juga bakal diminta untuk meningkatkan proteksi terhadap website-nya. ‘’Hampir semua staf kami bisa,’’ tegasnya.

Ulah hacker yang membobol website organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Pacitan bukan kali ini saja. Sebelumnya, website 12 kecamatan di Pacitan juga diserang. Diperkirakan pelakunya berbeda. Pasalnya, peretas mencantumkan Cy#b3r00T sebagai identitasnya. Selain itu, halaman website tidak sekadar dilabeli identitas peretas melainkan dilampirkan pula lirik lagu Sampai Jumpa milik grup band Endang Soekamti. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close