Pacitan

Waswas Muncul Klaster RSUD dr Darsono

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Temuan seorang tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr Darsono yang terkonfirmasi positif Covid-19 patut diwaspadai. Sebab, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut bisa menjadi carrier bagi nakes lainnya. ‘’Saya harap tim tracing serius mencari kontak penularan di tempat kerja pasien,’’ kata Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan Indartato Rabu (8/7).

Terkonfirmasinya nakes itu sekaligus membuktikan bahwa penyebaran Covid-19 tidak mengenal profesi. Karena itu, Indartato meminta temuan kasus tersebut menjadi perhatian bersama supaya pelayanan kesehatan di RSUD dr Darsono tidak terganggu. ‘’Tentu rekannya harus dikarantina mandiri. Khususnya mereka yang sempat kontak dengan pasien. Makanya perlu dilakukan tracing supaya tidak menjalar ke mana-mana,’’ terang bupati Pacitan itu.

Sementara, petugas tracing TGTP Covid-19 Pacitan Netty Nurnaningtyas mengungkapkan bahwa penemuan nakes terkonfirmasi positif tersebut ketika pihaknya melakukan tes swab berkala kepada seluruh nakes. Nakes yang berstatus tenaga honorer rumah sakit itu dites bersama sebelas rekan kerjanya. Beberapa di antaranya negatif dan sisanya menunggu hasil pemeriksaan. ‘’Karena waktu itu kami bagi dua tahap pengambilan swab-nya. Jadi, ada beberapa yang belum keluar hasilnya,’’ kata dokter spesialis emergency RSUD dr Darsono tersebut.

Netty memastikan tes serupa juga telah dilakukan pada keluarga pasien. Hanya, sampai dengan kemarin hasilnya belum keluar. Di samping itu, rapid test bakal dilakukan kepada nakes yang sempat kontak dengan pasien. ‘’Dia confirm lewat skrining. Karena pasien tidak ada gejala (OTG). Kalau tenaga kesehatan semuanya akan kami lakukan tes secara berkala khususnya yang berisiko,’’ jelas Netty. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close