Magetan

Waspadai Potensi Kali Ulo Meluap

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Hujan yang mengguyur wilayah Magetan beberapa hari lalu mengakibatkan permukaan air Kali Ulo di Desa Jajar, Kartoharjo, naik. Pun, bendungannya penuh.

Kondisi itu mengundang kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, jika hujan terus mengguyur, sungai tersebut sewaktu-waktu bisa meluap. ”Kami siaga banjir,” kata Kepala Desa Jajar Eko Suprayitno Jumat (21/2).

Menurut dia, Kali Ulo yang membentang di desa setempat telah mengalami pendangkalan akibat sedimentasi sejak lima tahun silam. ‘’Bukan karena sampah, tapi karena ada tanah yang terbawa arus air ketika musim penghujan,’’ sebutnya.

Eko mengatakan, kedalaman sungai di atas dam tinggal tiga meter. Sementara, yang di bawah dam kini hanya empat meter. ‘’Tadinya kedalamannya mencapai sekitar tujuh meter,’’ ungkapnya sembari menyebut aliran Kali Ulo berasal dari sungai di timur Lanud Iswahjudi.

Sejatinya, musim kemarau lalu merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pengerukan atau normalisasi Kali Ulo. Sayangnya, proposal yang sejak tahun lalu dilayangkan ke pemkab maupun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo belum direspons. ‘’Sudah kami usulkan untuk dikeruk,’’ katanya.

Dia menambahkan, forum desa tanggap bencana (destana) wilayah sungai yang sempat dibentuk kini sudah tidak aktif. ‘’Akan kami coba mengumpulkan kembali anggotanya,” pungkas Eko. (fat/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close