Ngawi

Waspada! Ngawi Selatan Rawan Longsor

PVMBG Ingatkan Warga Waspada saat Hujan Deras

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ini peringatan bagi warga, terutama yang tinggal di wilayah Ngawi selatan. Kawasan itu disebut paling berpotensi terjadi tanah longsor. Hal tersebut tidak terlepas dari karakteristik tanahnya yang gembur.

‘’Semakin tinggi intensitas hujan, semakin besar pula tingkat kerawanan longsornya,’’ kata Kasubid Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Barat Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) Bandung Sumaryono Selasa (27/10).

Dalam peta mitigasi, wilayah Ngawi selatan yang rawan longsor di antaranya Kecamatan Kendal, Jogorogo, Sine, dan Ngrambe. Kendati demikian, sejauh ini kondisinya masih aman. ’’Yang penting, kalau terjadi hujan deras harus waspada. Tidak hanya tanah longsor, tapi potensi banjir,‘’ pintanya.

Ditanya soal kejadian runtuhnya tebing penambangan batu di Desa Karanggupito, Kendal, pada Senin lalu (26/10), dia menyebut bukan faktor alam yang menjadi pemicunya. ‘’Tapi, lebih karena adanya intervensi manusia,’’ tutur Sumaryono.

Dia menambahkan, adanya alih fungsi lahan hutan menjadi pertanian atau perkebunan juga dapat memicu longsor. Sebab, pohon yang mampu mengikat tanah berkurang. ‘’Tapi, kami tidak memiliki data lahan hutan di Ngawi yang sudah beralih fungsi,’’ ujarnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button