NgawiPeristiwa

Waspada! Angin Kencang Intai Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Memasuki musim peralihan dari kemarau ke penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi mengingatkan potensi angin kencang. ‘’Hampir semua wilayah rawan angin kencang karena secara geografis terletak di antara Gunung Wilis dan Lawu,’’ kata Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi Alfian Wihaji Yudono Jumat (25/10).

Meski begitu, Yoyok –sapaan akrab Alfian Wihaji Yudono- menyebut bahwa sejauh ini angin kencang dengan skala besar baru terjadi di wilayah Kecamatan Sine. Itu seperti terlihat di Dusun Wonosari dan Ngadiluwih, Desa Wonosari, beberapa hari lalu.

Sebanyak tujuh rumah dilaporkan rusak bagian terasnya akibat empasan angin kencang kala itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 23 juta. ‘’Angin kencang paling sering terjadi awal musim penghujan,’’ ujarnya.

Yoyok mengimbau warga memangkas dahan dan ranting pohon yang rawan tumbang, terutama di dekat permukiman. Selain itu, mengenakan pelindung kepala saat angin kencang terjadi. ‘’Yang penting selalu waspada saja,’’ tuturnya.

Sementara, berdasar rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), selama Oktober-November sejumlah wilayah Ngawi berpotensi diwarnai cuaca ekstrem. Selain angin kencang, ada potensi terjadi hujan es dan hujan deras secara tiba-tiba. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button