Mejayan

Warga Tak Bermasker Dilarang Bertamu di Krajan

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Warga RW 04 dan 05, Kelurahan Krajan, Mejayan, Kabupaten Madiun, gundah karena masih banyak warga telanjang muka. Kondisi itu membuat lingkungan di sana membuat aturan tegas. Melarang bertamu siapa pun yang tidak mengenakan masker. 

Selain mengantisipasi penularan Covid-19, upaya itu untuk mendukung kebijakan pemerintah. Yakni, wajib mengenakan masker selama tidak tinggal di rumah. ‘’Warga sepakat tidak memperbolehkan masuk ke lingkungan bagi tamu yang tidak pakai masker,” kata Ismanu, wakil ketua RW 04 kelurahan setempat, Selasa (28/4).

Larangan dijalankan dengan membuat portal di setiap akses masuk RW 04 dan 05. Sejumlah warga jaga bergiliran di titik yang juga dipasangi banner pemberitahuan itu. Tugas mereka menyetop pengendara tak bermasker. ‘’Tamu baru boleh masuk jika sudah menggunakan masker,’’ ujarnya.

Ismanu mengungkapkan, warga resah dengan banyaknya pengendara yang tidak pakai masker ketika lewat lingkungan tempat tinggalnya. Ketidakpatuhan itu bukan hanya dilakukan warga luar daerah, tapi juga warga asli Krajan. ‘’Di Kabupaten Madiun kan ada empat kasus positif korona. Jadi, kami antisipasi untuk keselamatan bersama,’’ paparnya.

Warga dua RW itu juga membagikan 300 masker kepada pengguna jalan. Pengadaan ratusan masker itu swadaya warga setempat. ‘’Kami juga mengimbau masyarakat yang kerabatnya baru pulang dari luar daerah segera lapor RT atau kelurahan,’’ ujar Ismanu. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close