Pacitan

Warga Kurang Mampu Dapat Bantuan Beras

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Skema bantuan non tunai sedang dipersiapkan oleh Pemkab Pacitan kepada warganya yang terdampak pandemi korona. Seperti pedagang dan pelaku UMKM yang merosot ekonomi pendapatannya. ‘’Ini segera kami pikirkan dan selesaikan,’’ kata Bupati Pacitan Indartato Kamis (2/4).

Rencana yang disiapkan oleh pemkab adalah membuka cadangan pangan mereka. Dari alokasi yang tersedia kemudian diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Bentuknya berupa bantuan pangan berupa beras dan sembako. ‘’Mudah-mudahan datanya (calon penerima) satu minggu ini sudah valid. Kami masih ada sekitar 60 ton cadangan beras,’’ ujar kepala daerah dua periode tersebut.

Menurutnya, persoalan ini sudah dibahas lintas sektor. Mayoritas semua sepakat. Hanya tinggal menentukan proses dan waktu penyaluran bantuannya saja. ‘’Kami harapkan tepat sasaran dan tidak ada yang terlewat,’’ terang bupati yang akrab disapa Pak In itu.

Di sisi lain, dirinya meminta tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) kembali melakukan pengolahan keuangan daerah. Seperti menunda sementara pekerjaan yang dianggap tidak prioritas, lalu mengalihkan anggaran itu untuk penanganan wabah korona. ‘’Kami tetap hati-hati, jangan sampai ada permasalahan (keuangan, Red) kedepannya, bisa-bisa malah terjadi bencana kedua,’’ ungkapnya.

Kemarin Pak In kembali menegaskan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) harus terlibat dalam menangani pagebluk Covid-19. ‘’Saat ini status kita masih siaga, mudah-mudahan tidak naik, masalah ini kita harus kita tanggulangi bersama,’’ jelasnya. (gen/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close