Pacitan

Bantuan 8.000 Liter Air Bersih untuk Klepu Hanya Bertahan Empat Hari

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sejumlah warga Desa Klepu, Donorojo, Pacitan, yang terdampak kekeringan bisa menghela napas panjang. Mereka bisa libur sebentar mencari air bersih ke sumber air Ngluweng yang jauhnya berkilo-kilo meter. Setelah menerima bantuan dua tangki air yang masing-masing berkapasitas 4.000 liter dari polres setempat Senin (29/7). ‘’Pergi-pulang ke Ngluweng satu jam. Kalau tidak ambil dari sumber, warga beli air,’’ kata Poinem, 50, warga setempat, Senin (29/7).

Bantuan diberikan untuk warga Dusun Sawahan Etan dan Kulon. Mereka berbondong-bondong antre mendapat jatah air tersebut. Membawa gentong dan jeriken berbagai ukuran. Air bantuan diperkirakan cukup untuk tiga hingga empat hari ke depan. Dengan catatan harus diirit penggunaannya. ‘’Kebutuhan saya sehari sekitar 60 liter per hari,’’ ujarnya.

Poinem mengungkapkan, kesulitan air bersih sudah berlangsung lebih dari tiga bulan. Keran air PDAM lama mati dan tandon air hujan mengering. Karenanya, dia bersama warga lain harus mencari air ke sumber. Menempuh perjalanan jauh tidak menjadi soal. ‘’Karena untuk kebutuhan sehari-hari, masak, minum, dan ternak,’’ bebernya.

Sokilah, warga lainnya, mengatakan bahwa satu keluarga mendapat jatah 100 liter air. Bantuan itu disyukuri kendati diprediksi hanya cukup dua hingga tiga hari. Sebab, selama ini pilihannya mencari air di Ngluweng atau beli dari warga yang punya akses mendapatkan air bersih. ‘’Satu jeriken ukuran 25 liter harganya Rp 1.000,’’ ujarnya seraya menyebut warga penjual air bersih itu mencari air dari daerah aman kekeringan.

Kapolres Pacitan AKBP Sugandi mengatakan, bantuan air merupakan wujud simpati pihaknya. Meringankan beban warga terdampak kekeringan. ‘’Kami upayakan menyalurkan bantuan ke daerah lain karena wilayah terdampak kekeringan di Pacitan hampir menyeluruh,’’ tuturnya. (den/c1/cor) 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button