Madiun

Wali Kota Maidi: Tidak Boleh Ada Pegawai Pemkot Kikuk-Kikuk

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemerintahan yang baik dan bersih menjadi cita-cita masyarakat madani. Wali Kota Madiun Maidi mengajak seluruh lapisan masyarakat memberangus praktik pungutan liar (pungli). Demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih atau good and clean governance. ‘’Tidak boleh ada kikuk-kikuk (pungli, Red) di kota ini,’’ kata wali kota, Minggu (26/9).

Maidi mengungkapkan, pemerintahan yang baik dan bersih menjadi landasan seluruh sektor pembangunan. Tidak terkecuali dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) ke depan. Maidi yakin, melalui pemerintahan yang baik dan bersih mampu mencetak generasi unggul yang mampu berkompetisi dalam segala bidang. ‘’Dilandasi itu, semangat anak-anak tinggi, yang diinginkan baik itu diawali dengan yang baik,’’ ujar Maidi.

Kendati langkah pemerintah all-out, cita-cita tersebut tidak dapat terwujud tanpa peran masyarakat. Karena itu, Maidi berpesan agar masyarakat jangan memulai sesuatu yang tidak baik. ‘’Artinya, kalau tidak ada pungutan liar, masyarakat jangan mengawali. Ikuti sesuai aturan, jika ada pungli laporkan,’’ pintanya.

Terkait pengawasan, Maidi membeberkan telah menyebar telik sandi. Yakni, masyarakat yang telah dipercaya diminta melapor jika ada praktik culas. Menurut dia, hal itu dapat membawa pemerintah semakin berwibawa seperti yang dicita-citakan masyarakat. ‘’Warga itu yang diinginkan cukup, baik, senang, dan tenteram. Kita yang memimpin harus mengawali menuju ke sana,’’ tuturnya.

Maidi menambahkan, upaya itu termasuk di dalamnya dalam bidang pelayanan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Orang nomor satu di Pemkot Madiun itu tidak bosan mengingatkan seluruh abdi negara agar tunduk dan menjadikan aturan perundangan-undangan sebagai panglima dalam bekerja. Pun, dia tidak segan memberikan sanksi jika ada keterlibatan oknum dalam praktik yang menyimpang dari aturan. ‘’Harapan warga seperti itu,’’ tegasnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button