AdvertorialMadiun

Wali Kota Madiun Maidi: Hari Kesaktian Pancasila Momen Menjaga Keutuhan NKRI

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun ini dirayakan secara berbeda. Misalnya upacara yang digelar secara virtual di GCIO Diskominfo pada Kamis (1/10). Upacara yang dihelat dalam jaringan (daring) tersebut sekaligus mengikuti peringatan yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, Pancasila sebagai ideologi negara harus dipertahankan. Pun nilai-nilai yang terkandung didalamnya harus diamalkan sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan, memperjuangkan serta menegakkan keadilan dan keutuhan NKRI. Menurutnya, momentum ini juga erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September PKI (G 30S PKI) tahun 1948 dan 1965 silam.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO
FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO

“Ini merupakan suatu sejarah maka tentunya masa yang lalu itu masa yang harus dikenang, masa yang tidak bisa diubah. Oleh karena itu masa yang akan datang yang harus kita ubah,” ucapnya.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO

Maidi menegaskan sejarah peristiwa kelam hendaknya dijadikan pembelajaran bersama untuk kemajuan bangsa. Hal itu sejalan dengan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”. Karena itu dia berharap seluruh elemen masyarakat tidak melupakan sejarah. “Tapi, kita harus lebih baik dan sejarah ini akan menjadi catatan kita bersama. Ini juga sekaligus sebagai pengingat generasi muda dan pengalaman agar ke depan lebih baik,” ujarnya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close