Madiun

Wali Kota Madiun Ikut Wawancarai Calon Dirut PDAM Tirta Taman Sari

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Siapa kandidat yang berhak mengisi kursi direksi PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun akan dikerucutkan dua nama. Keduanya diproyeksikan untuk mengisi jabatan direktur utama (Dirut) serta direktur administrasi dan keuangan.

Namun, sebelumnya ketujuh balon harus menjalani wawancara dengan wali kota sebagai tahapan akhir seleksi 27 Mei mendatang. Rabu (19/5) mereka telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (UKK) di Assessment Center Perhutani Foresty Institute.

Sekda Kota Madiun Rusdiyanto selaku ketua panitia seleksi (pansel) mengatakan bahwa UKK berlangsung sehari. Tim penguji melibatkan pihak ketiga, yakni Pusat Pendidikan dan Pengembangan (Pusdikbang) SDM Perhutani Madiun.

Lembaga ini dipilih lantaran memiliki tugas asesmen. Di samping itu, para penguji punya sertifikat memadai. ‘’Sehingga, sangat layak. Bahkan, diberi mandat oleh departemen,’’ kata Rusdiyanto, Kamis (20/5).

Rusdiyanto menyampaikan, tahapan UKK dilakukan menyeluruh. Mulai psikotes, ujian tertulis keahlian, penulisan makalah dan rencana bisnis, presentasi makalah dan rencana bisnis, hingga wawancara dengan tim penguji. ‘’Insya Allah hari ini (kemarin, Red) sampai sore selesai,’’ ujarnya.

Indikator penilaian pun telah ditetapkan secara terukur. Yakni, pengalaman mengelola perusahaan, keahlian, integritas dan etika, kepemimpinan, pemahaman atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta memiliki kemauan kuat dan dedikasi tinggi. ‘’UKK ini ada yang sifatnya mandiri berupa wawancara, ada juga diskusi kelompok,’’ ungkapnya.

Hasil UKK, lanjut Rusdiyanto, tidak menerapkan sistem gugur atau eliminasi. Melainkan pembobotan, berupa rekomendasi dari penilaian tim penguji. Sehingga, hasilnya menyebutkan rekomendasi layak, cukup layak, dan tidak layak.

Dengan kata lain, ketujuh balon tetap menjalani seleksi akhir. Yakni wawancara dengan wali kota. ‘’Dari hasil seleksi akhir itu, bakal ditetapkan dua nama untuk mengisi kekosongan jabatan direksi PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun,’’ tuturnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button