Advertorial

Wakil Rakyat Kawal Persiapan Vaksinasi

Komisi II DPRD Sidak Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kesiapan Dinas Kesehatan Ngawi melakukan vaksinasi Covid-19 mendapat atensi komisi II DPRD setempat. Pun, mereka merasa perlu melakukan inspeksi mendadak (sidak) tempat penyimpanan vaksin.

Ketua Komisi II DPRD Siswanto mengatakan, hasil sidak diketahui persiapan yang dilakukan dinkes telah matang. Hal itu dibuktikan dengan dibentuknya tim vaksinator terdiri lima orang di setiap fasilitas kesehatan (faskes). ‘’Di Ngawi ada 27 faskes meliputi 24 puskesmas dan tiga rumah sakit yang akan digunakan sebagai tempat vaksinasi,’’ ujarnya Senin (25/1).

Dia memastikan 27 faskes telah memenuhi syarat untuk proses vaksinasi. Salah satunya tersedianya tempat penyimpanan vaksin. Hal itu penting karena vaksin harus disimpan di suhu 2-8 derajat Celsius. ‘’Puluhan faskes itu juga telah mengantongi izin operasional sesuai regulasi,’’ tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap memberi beberapa catatan. Terutama terkait sosialisasi vaksinasi. Pasalnya, sebagian masyarakat masih ragu dengan vaksin itu menyusul beredarnya informasi menyesatkan tentang penangkal korona yang didatangkan dari Tiongkok tersebut. ‘’Semua masukan sudah kami berikan, nanti kita evaluasi bersama-sama,’’ tuturnya.

Berdasarkan catatan yang diterima dari dinas terkait, pada vaksinasi tahap satu termin kedua, Ngawi dijatah 3.460 vaksin. Sementara, tempat penyimpanan yang berada di gedung sebelah Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Jalan Ronggowarsito berkapasitas 4.000. ‘’Untuk tahap pertama diprioritaskan pada tenaga medis. Nanti secara simbolis akan disuntikkan kepada 10 VVIP dari unsur eksekutif dan pimpinan forkopimda,’’ jelas Siswanto.

Kendati proses vaksinasi sudah di depan mata, dia mengingatkan upaya untuk menjaga protokol kesehatan tetap harus dilakukan. Sebab, vaksinasi bertujuan membentuk antibodi terhadap virus korona. ‘’Kami sangat mendukung proses vaksinasi. Sebagai anggota perwakilan rakyat, kami juga siap divaksin,’’ pungkasnya. (mg3/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button