Ponorogo

Waduk Bendo Mulai Digenangi Air

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Waduk Bendo akhirnya diairi pada Sabtu (31/7). Butuh waktu 12 tahun untuk merampungkan proyek Waduk Bendo dengan menelan anggaran kisaran Rp 900 miliar. ‘’Menjadi bendungan terbesar di wilayah kerja BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai, Red) Bengawan Solo,’’ kata Kepala BBWS Bengawan Solo Agus Rusdyanto.

Agus menerangkan, sisa pekerjaan tinggal menyisakan dua persen berupa akses jalan menuju bendungan yang mampu menampung kapasitas air 41 juta meter kubik itu. Namun, dia menyebut bahwa Waduk Bendo secara overall sudah dapat segera difungsikan. ‘’Progres sudah mencapai 98 persen. Komisi keamanan bendungan lewat sidang pleno mengisyaratkan untuk segera impounding (mengurung, Red) air di Waduk Bendo,’’ terangnya.

Dia memastikan sudah tidak ada masalah teknis di Waduk Bendo. Bahkan, Presiden Joko Widodo berencana meresmikannya September mendatang. Waduk Bendo menjadi salah satu dari 13 bendungan yang akan diresmikan oleh orang nomor satu di Indonesia itu. ‘’Insya Allah diresmikan Bapak Presiden kalau kondisinya memungkinkan,’’ ungkapnya. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button