Pacitan

Waduh, Rencana Kontinjensi Bencana Pacitan Kedaluwarsa

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rencana kontinjensi (renkon) Pacitan ternyata telah expired dua tahun. Buku panduan menghadapi bencana alam itu terakhir diperbarui 2014 silam. Idealnya, inventaris sumber daya, kajian risiko bencana, hingga penanggulangannya itu di-update 5 tahun sekali.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati menyebut, usangnya renkon itu tak lepas dari keterbatasan anggaran instansinya. Kajiannya butuh waktu lama dan mendetail. Mulai peta bencana, potensi jiwa terdampak, hingga masalah ekonomi yang terdampak. ‘’Tahun ini sudah kita mulai (update, Red). Tahun depan kita ajukan anggarannya,’’ ujar Dianita, Selasa (14/9).

Sembari mencicil penyusunan renkon, BPBD mulai berkoordinasi antar-organisasi perangkat daerah (OPD). Guna mendata ketersediaan pangan di dinas sosial hingga kesiapan alat berat milik PUPR dan tenaga medis dinas kesehatan (dinkes) setempat. ‘’Tsunami, misalnya, karena potensinya melanda kota, jadi kita bisa arahkan tenaga dari kecamatan lain untuk membantu, kalau hasil inventaris ini kita rasa kurang,’’ tuturnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button