Ponorogo

Waduh! 909 Kilometer Jalan Rusak di Ponorogo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Tugas Bupati Sugiri Sancoko untuk menyicil perbaikan kerusakan jalan di Ponorogo kian berat. Bagaimana tidak, sebesar Rp 41 miliar dari pagu anggaran kegiatan pembangunan jalan sekitar Rp 102 miliar di-refocusing. ‘’Pengurangan anggaran luar biasa besarnya tahun ini,’’ kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Ponorogo Sumarno, Sabtu (20/3).

Padahal, menurut dia, persentase infrastruktur jalan dalam kondisi baik mengalami penurunan. Rentang 2019-2020 lalu, angkanya 82 persen. Artinya, kondisi jalan rusak adalah 18 persen dari bentang 2.525 kilometer yang ada. Nah, tahun ini hanya 64 persen jalan dalam kondisi baik. Yang 34 persen atau 909 kilometer dalam kondisi rusak. Mulai berlubang-lubang hingga rusak berat membentuk kubangan mirip comberan.

Hanya ada anggaran Rp 61 miliar untuk perbaikan sebagian kecil dari ratusan kilometer jalan yang rusak itu (selengkapnya lihat grafis). ‘’Pembangunan dan pemeliharaan melihat tingkat prioritas. Kalau tidak darurat maka terpaksa ditunda,’’ jelas Sumarno. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button