Magetan

Wacana Relokasi LIK ke Kawasan DAM Jati

MAGETAN – Rencana pemrov merelokasi LIK tidaklah gampang. Butuh waktu panjang. Mulai pembebasan lahan. Hingga sarana dan prasarana. ’’Kalau untuk lahan pemkab sudah punya pandangan,’’ ujar Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan Sucipto.

Dia mengatakan, hasil dari kunjungan gubernur pemkab kebagian jatah untuk memfasilitasi lahan. Selanjutnya, dibangun pabrik. Dimana untuk pembangunan pabrik yang berskala besar serta menghasilkan limbah yang cukup banyak, harus di posisikan dekat dengan daerah aliran sungai (DAS). Sehingga limbah yang keluar bisa secepatnya larut.  ’’Wacananya lahan kurang lebih 10 hektare yang berada di area DAM Jati, Nguntoronadi, Magetan, ‘’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Magetan Saif Muchlisun mengharapkan ke depan tidak terulang problem yang sama. Yakni terkait limbah. Dia berharap agar lebih mengutamakan IPAL yang sesuai dengan kapasitas daya tampung. Kondisi mesin juga baru. Mengingat jika diliat dari pengamatannya, IPAL yang berada di LIK saat ini sudah tidak sesuai SOP, ’’Sebenarnya bau LIK itu bisa di atasi dengan proses IPAL-nya,’’ imbuhnya.

Kendati demikian, dirinya menegaskan, sangat mendukung kebijakan relokasi LIK. Sebab kondisi saat ini sudah meresahkan warga sekitar. Di sisi lain, sebagai kota yang memiliki pariwisata yang bagus harus di dukung dengan kondisi lingkungannya. ’’ Saya sangat setuju, dan secepatnya bisa segera direlokasi,’’ pungkasnya. (mgc/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button