Ponorogo

Volume Kendaraan Tinggi, Alasan Jalan Sudirman Ponorogo Diubah Searah

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman Ponorogo ternyata cukup tinggi (level D). Karena itu jalur tersebut bakal diberlakukan satu arah. ‘’Intensitas arus yang tidak stabil, kecepatan rendah dan berbeda-beda, serta volume kendaraan sudah mendekati kapasitas,’’ kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo Winarko Arief Tjahjono, Sabtu (9/10).

Jika jalur one way diberlakukan, dia meyakini level Jalan Sudirman bakal turun ke C. Yakni, arus lalu lintas berubah stabil dan kecepatan kendaraan ikut terkontrol. Tak urung, pihaknya setuju dengan kebijakan jalan searah dari timur ke barat itu. ‘’Kondisi Jalan Sudirman mulai ramai kendaraan. Ada empat titik rawan kemacetan di situ,’’ terang Win, sapaan Winarko Arief Tjahjono.

Pihaknya sudah melakukan analisis bahwa level of service (LoS) atau tingkat pelayanan Jalan Sudirman naik. Penilaian kinerja jalan itu menjadi indikator kemacetan. Dengan mengubahnya menjadi searah, maka otomatis akan menurunkan intensitas arus lalu lintas. Win berharap tidak ada bangunan taman di tengah jalan. ‘’Taman di tengah malah mengganggu arus lalu lintas yang menjadi penyebab kemacetan. Bisa juga jadi pemicu kecelakaan,’’ jelasnya. (mg7/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button