Madiun

Viral Video Tim Medis Kenakan APD Evakuasi Warga di Wungu

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sebuah video evakuasi warga asal Desa Mojopurno, Kecamatan Wungu viral di media sosial (medsos). Dalam rekaman video tersebut, terlihat sejumlah petugas medis dari RSUD Dolopo menggunakan alat pelindung diri (APD) mengevakuasi seorang pria berusia 61 tahun.

Kejadian itu diketahui terjadi pada Minggu (29/3) sekitar pukul 09.00. Belakangan, pria tersebut diketahui mengalami sakit sepulang dari Semarang sekitar empat hari lalu. ‘’Yang bersangkutan mengeluh sakit panas dan muntah-muntah,’’ kata Kapolsek Wungu AKP Jumianto Nugroho.

Selanjutnya, warga itu berniat memeriksakan diri ke Puskesmas Wungu. Hanya kondisi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tersebut dalam keadaan tekunci dan tidak ada petugas yang berjaga.

Kondisi itu lantas membuat warga resah. Terlebih saat ini tengah marak penyebaran virus korona. Supaya tidak menimbulkan kepanikan, Nugroho kemudian berkoordinasi dengan kepala Puksesmas Wungu untuk meminta bantuan pihak RSUD Dolopo mengevakuasi warga yang sakit tersebut. ‘’Kemudian dibawa untuk dirujuk ke RSUD dr Soedono,’’ ujar mantan Kapolsek Balerejo itu.

Nugroho meminta masyarakat tenang. Pihaknya berharap warga tidak menyimpulkan secara sepihak soal kondisi kesehatan pria tersebut. ‘’Usianya sudah lumayan tua. Saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan medis,’’ ucapnya.

Sedangkan soal petugas medis RSUD Dolopo mengevakuasi pria itu mengenakan APD, kata Nugroho, tentu itu sudah menjadi standar operasional prosedur (SOP) penanganan masalah kesehatan saat ini. ‘’Yang penting masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Serta tidak termakan informasi yang belum jelas kebenarannya,’’ tuturnya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close