CPNSMejayan

Verifikasi Formasi Belum Selesai, Pendaftaran CPNS Molor Dua Hari

MEJAYAN – Pendaftaran seleksi CPNS 2018 seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dibuka hari ini. Molor dua hari dari yang dijadwalkan Rabu lalu (26/9). Tersebab belum terselesaikannya verifikasi seluruh formasi lowongan yang ditayangkan pada website pendaftaran. ‘’Jatim komitmen membuka pendaftaran serentak mulai besok (hari ini, Red) selama 15 hari kalender kerja,’’ kata Kepala Kantor Regional (Kakanreg) II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Surabaya Tauchid Djatmiko kemarin (27/9).

Tauchid menolak disebut pendaftaran CPNS molor. BKN memutuskan jadwal pelaksanaan secara nasional paling cepat Rabu lalu. Namun, kepastian harinya bergantung kondisi masing-masing wilayah dalam kecepatan menyiapkan formasi pendaftaran. Hal itu yang membuat tidak semua daerah sudah menayangkan lowongan dan jumlah pendaftar di website. ‘’Tidak hanya di Kabupaten Madiun, tapi kota/kabupaten seluruh Jatim memang belum bisa ditampilkan,’’ ujarnya saat ditemui usai meninjau pelaksanaan pemetaan kompetensi jabatan pelaksana se-Karesidenan Madiun di Mejayan.

Dalam dua hari terakhir, masing-masing daerah masih memverifikasi jatah formasi yang ditetapkan untuk dientri pada situs BKN. Setelah divalidasi, barulah dibuka sesuai jabatan masing-masing formasi. Proses itu perlu dilakukan untuk memastikan formasi yang ditayangkan sesuai kebutuhan dan persyaratan. Demi menghindari kekeliruan sebelum tahapan seleksi. Tahapan itu membutuhkan waktu karena harus meneliti satu per satu. ‘’Kurang 12 daerah yang belum selesai verifikasi per pukul 04.00 tadi (kemarin, Red),’’ ungkapnya.

Kanreg II BKN Surabaya bakal membuka pendaftaran selama 15 hari kalender. Tempo tersebut tentatif karena adanya opsi memperpanjang pendaftaran. Berapa lama penambahan bergantung kebutuhan BKD masing-masing daerah. Sebab, pertimbangannya adalah menyesuaikan terpenuhi tidaknya kuota formasi yang dibuka. Sebab, sesuai ketentuan, dalam satu formasi setidaknya terdiri tiga pendaftar yang berlaku kelipatannya. ‘’Tidak ada batasan jumlah, yang ada pembatasan harinya,’’ tuturnya sembari menyebut tes rencana digelar 23 Oktober mendatang.

Tauchid menyatakan, ada panduan teknis pendaftaran di laman. Calon peserta bisa mengecek secara detail berapa jumlah pendaftar dari formasi yang ada. Bahkan, pelamar bisa melihat siapa pesaingnya mulai dari unit kerja, pendidikan, hingga kualifikasi yang dimiliki. Itu sebagai bentuk transparansi dalam penyelenggaraan seleksi yang kali terakhir dilakukan empat tahun silam. Dia tidak menampik ketika disinggung akses laman yang lemot. Menurutnya, itu imbas banyaknya masyarakat yang mengakses. ‘’Humas BKN sudah mengantisipasi dengan menyarankan membuka laman di jam yang sekiranya sepi, serta lewat peranti komputer, bukan ponsel,’’ jelasnya. (cor/c1/fin)

 

 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button