Pacitan

Vaksinasi Polisi Sasar Penduduk di Dusun Terpencil Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kawasan marginal dan terpinggirkan masih dijumpai di Pacitan. Tak hanya lokasinya yang terpencil, beberapa akses dan pelayanan pun jauh dari layak. Di Dusun Ngendak, Desa Temon, Arjosari, misalnya.

Berjarak 12 kilometer dari kantor desa setempat, Ngendak mesti ditempuh menggunakan roda dua. Menuju ke dusun di tepi hutan itu mesti melewati beberapa bukit dan lahan. Bahkan, petugas kesehatan yang hendak memberikan layanan vaksinasi mesti berjalan kaki untuk sampai ke tujuan. ‘’Memang (daerah) marginal itu, jarang tersentuh. Saat dicek ternyata belum terjamah vaksinasi, akhirnya kami layani,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Kamis (7/10).

Meski penyuntikan antibodi baru menyasar 25 warga setempat, setidaknya gerak cepat vaksinasi telah dilakukan. Agar sasaran secara menyeluruh lekas menyentuh progres 50 persen di akhir bulan ini. ‘’Kami ingin ratakan vaksinasi, bukan hanya di wilayah kota,’’ tegasnya.

Kepala Desa Temon Jamiatin menyebut bahwa Dusun Ngendak memang relatif terpencil. ‘’Bukan hanya Ngendak yang terpencil. Ada juga satu RT di dekat Desa Jetis yang terpencil,’’ ungkapnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button