Madiun

Vaksinasi Pelajar Syarat Penting Dukung PTM

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Puluhan ribu siswa di Kabupaten Madiun butuh divaksin Covid-19. Mulai SMP sampai SMA sederajat. Sebab, vaksinasi pelajar merupakan pendukung terlaksananya pembelajaran tatap muka (PTM). ‘’Sampai saat ini belum ada jadwal vaksinasi untuk sekolah (siswa, Red),’’ kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Madiun Siti Zubaidah, Kamis (12/8).

Dikbud mengusulkan 17.463 siswa SMP untuk divaksin antikorona. Namun, baru SMPN 2 Wungu (350 siswa) dan SMPN 1 Geger (655 siswa) yang tervaksin. Sehingga, masih ada 16 ribu lebih siswa jenjang SMP yang belum tervaksin. ‘’Vaksinasi untuk pelajar akan dilakukan secara bertahap serta menyesuaikan ketersediaan vaksin,’’ ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim Wilayah Madiun Supardi mengatakan, vaksinasi siswa SMA dan SMK merupakan tanggung jawab pemerintah daerah setempat. Sebab, vaksin di-drop pemprov ke kota atau kabupaten. ‘’Kami selalu koordinasi dengan pemkab, tapi kapan pelajar akan divaksin belum ditentukan,’’ ungkap Supardi.

Supardi menyebut, ada 14.552 siswa SMA dan SMK di Kabupaten Madiun. Namun, baru sebagian kecil siswa yang sudah disuntik kekebalan tubuh. Yakni, 710 siswa SMAN 1 Geger dan 100 siswa SMAN 1 Dolopo. Vaksinasi tersebut merupakan bantuan pemprov. ‘’Ada 1.000 dosis waktu itu. Vaksinasi tersebut sifatnya stimulus. Kalau vaksinasi pelajar secara menyeluruh, itu wewenang kabupaten,’’ ujarnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button