Ponorogo

Vaksinasi Ibu Hamil Tekan Risiko Kematian

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Senyum lega tergambar di raut para perempuan berbadan dua saat antre vaksinasi serentak di setiap puskesmas dan balai desa Selasa (31/8).

Ada 3.600 dosis vaksin Sinovac yang bakal membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di kalangan ibu hamil (bumil). Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo mendata jumlah bumil di kabupaten ini sebanyak 5.967. Tak kurang 3.003 di antaranya telah masuk sasaran vaksinasi kali ini.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat di Dinkes Ponorogo Lis Suwarni mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bumil sebelum mendapatkan imuninasi korona. Seperti, syarat kehamilan di atas 13 sampai 33 minggu. Kemudian, bumil mesti terbebas dari Covid-19, minimal tiga bulan setelah terpapar virus. Ibu hamil juga perlu dipastikan kondisi kesehatannya sebelum disuntik antibodi. ‘’Jadi, tidak semua ibu bisa divaksin,’’ terangnya.

Para bumil bisa mendatangi puskesmas terdekat. Ada 31 titik tempat vaksinasi yang disiapkan. Kondisinya menyesuaikan jumlah sasaran di setiap puskesmas. Beberapa ada yang melaksanakan di balai desa/kelurahan setempat lantaran melihat luasnya tempat. ‘’Setelah ini tak ada lagi tahapan vaksin bumil selanjutnya. Kecuali bagi mereka yang kali ini masih tertunda karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan,’’ ujarnya. (mg7/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button