Advertorial

UT Surabaya Menjangkau yang Tidak Terjangkau

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan pertama sejak 1980 menerapkan pendidikan tinggi dengan sistem terbuka dan jarak jauh. Misi UT adalah memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan hingga ke pelosok desa.

UT memiliki 39 kantor layanan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) yang tersebar di seluruh Indonesia dan satu Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri. ‘’Surabaya merupakan UPBJJ terbesar yang menduduki peringkat tiga dalam jumlah mahasiswa terbanyak seluruh Indonesia di lingkup UT,’’ ungkap Direktur UPBJJ-UT Surabaya Dr Suparti M.Pd.

Saat ini UPBJJ-UT Surabaya fokus untuk menjangkau yang tidak terjangkau. Selain itu juga memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa batas. Hal itu dibuktikan dengan dominasi lulusan UT saat penerimaan CPNS 2019. Totalnya ada 9.436 lulusan UT di seluruh Indonesia yang lolos CPNS. ‘’Begitu membanggakan, salah satu mahasiswa S3 UT Surabaya adalah Wali Kota Madiun Maidi,’’ terangnya.

Suparti menjelaskan, wilayah kerja UPBJJ-UT Surabaya meliputi 18 kota/kabupaten. Pendaftaran di UT Surabaya dibuka sepanjang tahun. Dalam setahun dua kali gelombang pendaftaran. Untuk semester ini masa registrasi tahun ajaran 2021. Pendaftaran dimulai sekitar Desember.

Ada tiga cara bagi masyarakat yang ingin mendaftar. Pertama bisa langsung mendaftar di laman sia.ut.ac.id secara online. Kedua, langsung mendaftar kekantor UPBJJ-UT Surabaya di Kampus C UNAIR Jalan Mulyorejo. Dan yang ketiga, bisa melalui mitra UT Surabaya di setiap kota/kabupaten, yaitu Kelompok Belajar (Pokjar). ‘’Di Madiun, UT Surabaya membuka Pokjar di Jalan Mastrip nomor 21 Kota Madiun dan di Jalan Raya Dungus RT 08 RW 01 Kabupaten Madiun,’’ pungkasnya. (fit/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button