AdvertorialMadiunPendidikan

UT Surabaya Buka Pendaftaran Magister dan Doktor

SURABAYA, Jawa Pos Radar Madiun – Universitas Terbuka (UT) Surabaya kembali menyelenggarakan tes masuk calon mahasiswa program Pascarjana (PPs) Magister S-2 dan Doktor (S3). Tes tersebut berlangsung di Kota Surabaya dan Kabupaten Mojokerto, Minggu (11/10) lalu.

Untuk tes calon mahasiswa pascasarjana UT diikuti 29 peserta. Terdiri dari satu orang program Doktor Administrasi Publik (DAP), dua orang Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBi), dua orang Magister Pendidikan Matematika (MPMt), satu peserta Magister Perikanan (MPMp), satu peserta Magister Administrasi Publik (MAP), tiga peserta Magister Manajemen (MM), dan 19 calon mahasiswa Magister Pendidikan Dasar (MPDr). ‘’Sebelum mengikuti tes, seluruh peserta melakukan pendaftaran secara online,’’ ujar Direktur UT Surabaya Suparti.

Suparti menjelaskan, proses pendaftaran dimulai dari upload atau unggah berkas persyaratan. Seperti ijazah, transkrip nilai, biodata, rancangan penelitian tesis/disertasi, hingga tes masuk juga menggunakan Sistem Ujian Online (SUO). Sedangkan materi tes meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris, kemampuan substansi bidang keilmuan. ”Selain TPA dan Bahasa Inggris, khusus program Doktor ada tes wawancara,” terangnya.

Program (PPs) UT menyediakan program pendidikan magister dan doktor yang dilakukan secara fully online dan reguler. Saat ini semua program magister UT sudah membuka layanan pembelajaran fully online, sehingga dapat memudahkan mahasiswa yang sibuk bekerja agar tetap bisa kuliah. ”Kecuali program studi magister Pendidikan Dasar,” imbuhnya.

Sementara itu, program MPDr dapat dibuka jika ada kelompok belajar minimal 20 orang. Saat ini jumlah calon mahasiswa yang telah mengikuti tes Program MPDr gelombang 1 mencapai 19 orang dan 10 orang yang di antaranya berasal dari Kabupaten Mojokerto.

Suparti menambahkan, saat ini masih dibuka pendaftaran calon mahasiswa baru S2 dan S3 gelombang 2 yang akan berakhir pada 4 November. Pun pendaftaran mahasiswa S1 juga telah dibuka. Untuk biaya tes masuk program Magister (S2) adalah Rp 750 ribu dan program Doktor Rp 1 juta. Biaya kuliah program magister (S2) sebesar Rp 7.450.000 per semester, sedangkan program Doktor (S3) sebesar Rp. 12,5 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya paket bahan ajar, tutorial, biaya ujian, dan bimbingan konseling.

Dari tahun ke tahun animo masyarakat untuk melanjutkan kuliah di PPs UT Surabaya mengalami peningkatan. Sejak tahun akademik 2012/2013 hingga saat ini, jumlah mahasiswa program Magister di UT Surabaya tercatat 300 orang dan telah meluluskan sekitar 60 orang. Banyak di antaranya lulus dengan indeks Prestasi 4.00 (cum laude). ”Sebagian besar mereka bekerja sebagai Aparat Sipil Negara (ASN),” jelasnya.

Informasi pendaftaran dapat dibuka di laman www.ut.ac.id dan surabaya.ut.ac.id. Proses registrasi/admisi online melalui sia.ut.ac.id dan layanan tatap muka di Kantor UT Surabaya Kampus C UNAIR Surabaya atau di Kelompok Belajar di Kabupaten/Kota setempat. (fit/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close