Ngawi

Usulkan Rp 85 Miliar ke Kemendag Revitalisasi Pasar Hewan Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Rencana merevitalisasi Pasar Hewan Ngawi diusulkan pemkab ke kementerian perdagangan (kemendag). Nilai pagu anggarannya mencapai Rp 85 miliar. ‘’Pagunya besar karena menjadi percontohan pasar hewan terpadu oleh pemerintah pusat,’’ kata Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Tenaga Kerja (DPPTK) Yusuf Rosyadi, Sabtu (15/5).

Pasar Hewan Ngawi kini menempati lahan milik pemkab di Desa Kandangan, Kecamatan Kasreman. Luas pasar tersebut mencapai 1,4 hektare, dari lahan yang dimiliki pemkab seluas 4,5 hektare. Yusuf menyebut, revitalisasi direncanakan akan menambah luas Pasar Hewan Ngai hingga dua kali lipat. ‘’Saat ini masih kami kaji rencana pengembangan dan perluasannya,’’ ujarnya.

Revitalisasi PHN, lanjutnya, membutuhkan kajian studi kelayakan, pengelolaan limbah, hingga tata kelola lalu lintas di sekitar pasar. Berbagai dokumen itu diminta Ditjen Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag) selaku pihak yang akan mendanai megaproyek tersebut. ‘’Nantinya detail engineering design (DED) akan segera kami susun setelah seluruh kajian tuntas,’’ pungkasnya. (mg3/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button