Pacitan

Usaha Jasa WO Merana di Tengah Wabah Korona

Sudah Deal Pilih Cancel

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pandemi korona berdampak luas pada sektor ekonomi. Tak terkecuali  jasa wedding organizer (WO). Banyak pekerjaan batal dan tertunda. Sehingga, penghasilan pun tidak ada. Karyawan juga dirumahkan. ‘’Merosot sampai 100 persen, yang sudah deal banyak yang pilih cancel,’’ kata Sumiati, salah seorang owner WO di Pacitan, Senin (6/4).

Mayoritas yang sudah mengagendakan resepsi pernikahan dan sejenisnya memilih sebatas ijab kabul sesuai anjuran pemerintah. Pihaknya pun dengan berat hati harus merumahkan karyawan. ‘’Ada 14 karyawan. Sebenarnya kasihan, tapi harus bagaimana lagi,’’ ucap Sumi, sapaan akrabnya.

Menurut dia, beberapa karyawannya banting setir berjualan online. Ada juga yang work from home. Khusus April, ada sekitar 14 order yang dibatalkan. Beberapa sudah membayar uang muka. Sedangkan Mei juga sama. ‘’Beberapa masih ragu cancel. Jadi, menunggu situasi,’’ terang Sumi.

Warga Pucangsewu, Pacitan, ini menyatakan bahwa bulan ini diyakini masyarakat sebagai bulan yang baik untuk menggelar resepsi pernikahan. Jika tidak ada wabah korona, WO memasuki panen. Meski hanya mengandalkan hidup dari pekerjaan tersebut, dia harus rela.  Harapannya job akan menumpuk setelah wabah berlalu. ‘’Semoga lekas pulih dan semua sektor terdampak bisa bangkit kembali,’’ harapnya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close