AdvertorialMadiun

Unik, Pohon Pisang Berbuah Empat Tandan di Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dodik Raharjo, 61, lekat dengan perihal yang kembar-kembar. Warga Desa Metesih, Jiwan, itu lahir kembar tiga. Sekarang dia punya pohon pisang berbuah kembar pula. Jika biasanya satu pohon pisang berbuah setandan, pisang di kebun Dodik malah lebih dari itu. ‘’Biasanya satu pohon bisa dua tandan, ini ada yang empat tandan satu pohon,’’ kata Dodik, Minggu (10/10).

Dodik terlahir kembar tiga. Namun, sejak lahir dia diangkat sebagai anak asuh oleh warga Metesih. Sementara dua saudaranya, laki-laki semua, berdomisili di luar Jawa. Perihal yang kembar-kembar tak hanya soal keluarga Dodik. Namun, juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk berkebun pisang. ‘’Ada pisang raja, susu, dan lain-lain. Cuma yang berbuah empat tandan ini saya sebut saja pisang hijau kembar karena tidak tahu jenisnya,’’ ungkap Dodik.

Dodik tak tahu-menahu mengapa pohon pisang miliknya itu kerap berbuah lebih dari satu tandan. Sering satu pohon dua tandan, kali ini malah empat tandan yang berbuah sebulan lalu itu. Jika hanya satu, lanjut dia, tandan pisang kelewat panjang. Dodik mengaku pernah memanen setandan pisang berisi 14 sisir. ‘’Ada yang membibit dan buahnya juga kembar (lebih dari satu tandan sepohon, Red). Yang ingin membibit silakan,’’ ucapnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button