Madiun

Unik! Pelantikan 16 Kepala Sekolah di Tengah Sawah 

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pandemi tak menghalangi pemkot Madiun untuk mengutak-atik posisi kepala sekolah. Sebanyak 16 kepala sekolah dimutasi di tengah sawah akhir pekan lalu (15/5). Prosesi pelantikannya di perkebunan PDAM Tirta Taman Sari (Ngrowo) Kota Madiun. Persawahan dipilih menjadi lokasi agar mereka tetap membumi. ‘’Luas kebun ini sembilan hektare. Setiap yang hadir diberi jarak 2-3 meter,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi.

Seluruh kepala sekolah yang dilantik mengenakan pakaian tradisional Jawa. Lengkap dengan topi caping layaknya petani. Filosofinya untuk mengingatkan seluruh kepala sekolah bahwa jabatan bukanlah yang utama. Terpenting, menjalankan tugas sesuai dengan komitmen dalam pakta integritas. ‘’Kejujuran jadi kunci utama,’’ sebut Maidi.

Pelantikan sengaja digelar di masa pandemi. Agar setelah masa sulit ini terlewati, semuanya sudah siap menjalankan tugas semaksimal mungkin. Jika pelantikan ditunda, bakal membebani pekerjaan di kemudian hari. Juni-Juli banyak pekerjaan menumpuk. Seperti pendaftaran peserta didik baru (PPDB), kenaikan kelas, dan seluruh pekerjaan administrasi kelulusan siswa. ‘’Mereka yang baru dilantik ini bisa lekas menangani administrasi dan manajemen sekolah,’’ terangnya.

Sebanyak 16 kepala sekolah yang dilantik itu meliputi kepala SDN dan SMP. Perinciannya, delapan kepala SDN dan delapan kepala SMP. Empat di antaranya merupakan kepala sekolah yang dimutasi. Sedangkan 12 kepala sekolah lainnya mendapat promosi. ‘’Laksanakan tugas sebaik-baiknya,’’ tutur Maidi. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close