Ponorogo

UMK Ponorogo Terendah di Jatim

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Para pekerja di Bumi Reyog harap-harap cemas. Sebab, rencana Upah Minimum Kabupaten (UMK) Ponorogo 2021 belum dibahas. ‘’Besok (hari ini, Red) akan kami rapatkan,’’ kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ponorogo Bediyanto Kamis (5/11).

Pemprov Jatim telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 Rp 1,86 juta. Naik 5,65 persen atau setara Rp 100 ribu dari UMP 2020 Rp 1,76 juta. Itu masih lebih rendah dari UMK 2020 terendah di sembilan daerah. Salah satunya Ponorogo Rp 1,91 juta. ‘’Berbagai instrumen menyangkut UMK akan dibahas bersama dewan pengupahan,’’ ujarnya.

Salah satunya, kebutuhan hidup layak (KHL). Instrumen ini jadi standar ukur kebutuhan seorang pekerja lajang hidup layak sebulan. Mencakup makanan-minuman, sandang, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. ‘’Hasil survei KHL akan dibahas serikat pekerja, pengusaha, dan pemerintah,’’ terangnya.

Dewan pengupahan terdiri dari unsur pemerintah, serikat pekerja, pengusaha, serta perguruan tinggi dan pakar. Mereka akan membahas KHL sebagai prioritas. ‘’Sampai hari ini, se-Jatim belum ada daerah yang menetapkan UMK,’’ sebutnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button