Ngawi

Ujian Nasional Dihapus, Diganti Asesmen Nasional

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ujian nasional (UN) dihapus. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan mengganti UN dengan asesmen nasional (AN). Program anyar itu merupakan salah satu penilaian kenaikan siswa kelas V SD, VIII SMP, dan XI SMA/SMK. ‘’Sedangkan untuk kelas akhir tetap ada ujian dengan sistem online,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi Muhammad Taufiq Agus Susanto Senin (11/1).

Sesuai jadwal Kemendikbud, AN untuk siswa kelas V SD digelar Agustus mendatang. Sedangkan untuk murid kelas VIII SMP pada pekan ketiga Maret. Sementara, untuk siswa kelas XI SMA pekan pertama Maret dan XI SMK pada pekan kedua bulan itu. ‘’Asesmen nasional nanti lebih kepada tiga unsur, yaitu AKM (asesmen kompetensi minimum, Red), survei karakter, dan survei lingkungan belajar,’’ paparnya.

Taufiq menjelaskan, AKM menjadi tolok ukur tingkat literasi dan numerasi siswa. Pada aspek literasi akan mengevaluasi kemampuan mereka terhadap penguasaan kecakapan memahami, menggunakan, mengevaluasi, serta merefleksikan berbagai jenis teks tertulis.

Sementara, aspek numerasi difokuskan pada evaluasi kemampuan siswa dalam berhitung. ‘’Baik AKM literasi maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi,’’ urainya. (mg3/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button