MadiunPendidikan

Ujian Daring Terkendala Jaringan dan Pengawasan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sekolah dipastikan menghadapi tantangan terberat pada pengawasan dan kemurnian hasil ujian di tengah situasi pandemi Covid-19. Saat ini sejumlah satuan pendidikan tingkat atas mulai menggelar ujian satuan pendidikan (USP) atau ujian sekolah (US). Jadwal dan teknisnya diserahkan sekolah masing-masing.

Ujian untuk menentukan kelulusan siswa itu digelar dalam jaringan (daring) atau online. Sementara Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jawa Timur Wilayah Madiun hanya memberi waktu Maret-April. ‘’Kelulusan siswa yang menentukan masing-masing sekolah,’’ kata Kepala Cabdindik Jatim Wilayah Madiun Supardi, Jumat (5/3).

Dari total 12 SMA yang ada di Kota Madiun, salah satu yang mulai menggelar USP SMAN 1. USP digelar mulai Kamis (4/3) hingga Selasa depan (9/3). ‘’Kalau dari kami tidak ada masalah, kendala ada di siswa karena sarpras dan jaringan yang berbeda-beda,’’ sebut Waka Kurikulum SMAN 1 Kota Madiun Anik Dwi Handayani.

Apalagi USP digelar online. Setiap hari siswa mengerjakan dua mata pelajaran (mapel) sesuai jadwal. Rata-rata 40 butir soal multiple choice (pilihan ganda) dengan alokasi waktu 90 menit. Kecuali ilmu eksak seperti mapel matematika, fisika, dan kimia, terdiri dari 35 soal. ‘’Persoalan teknis jaringan dan pengawasan yang harus diperhatikan,’’ ujarnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close