Madiun

Uji Coba ETLE Tinggal Sepekan

Masuki Tahap Teguran, Penindakan Bulan Depan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) berakhir 22 Agustus. Saat ini, penerapan ETLE memasuki tahapan teguran hingga akhir bulan ini. Di masa ini, pelanggar mendapat kiriman ’’surat cinta’’ disertai bukti pelanggaran dari aparat penegak hukum.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun Ansar Rosidi mengatakan, pengendara yang melanggar di tahap ini masih ditoleransi. Belum dikenakan tilang secara elektronik. Pelanggar tetap mendapatkan surat disertai pelanggaran yang isinya berupa teguran. ‘’Tahap teguran ini untuk mengingatkan pengendara agar lebih disiplin berlalu lintas,’’ ujarnya Senin (24/8).

Pembiasaan disiplin berlalu lintas menjadi cerminan budaya positif sekaligus menekan angka kecelakaan. Budaya baru ini juga mengeliminasi intensitas razia di jalan raya yang sampai kini masih dilakukan. ‘’Kami coba tumbuhkan kebiasaan tertib berlalu lintas,’’ tuturnya.

Diperkirakan, tilang elektronik mulai diterapkan bulan depan. Nantinya, pelanggar langsung dikenai tilang elektronik yang dikirimkan langsung ke alamat rumah pengendara. Pengirimannya bekerja sama dengan PT Kantor Pos Indonesia. ‘’Jika sudah diterapkan tidak ada toleransi lagi,’’ tegas Ansar.

Dalam sehari, yang ter-capture closed-circuit television (CCTV) mencapai 300 pelanggaran. Dari total itu, yang memenuhi unsur pelanggaran sebanyak 50 pengendara per harinya. ‘’Artinya, pelanggaran yang memenuhi unsur pelanggaran dan disajikan dalam barang bukti elektronik sekitar 50 pelanggaran per hari dalam tahapan uji coba,’’ kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Madiun Kota Ipda Estin Dian Marsasi.

 Jenis pelanggaran terbanyak adalah mengabaikan markah dan traffic light (85 persen). Sisanya, tidak mengenakan helm, sabuk pengaman, serta menggunakan handphone saat berkendara meskipun itu sedang berhenti di traffic light. ‘’Boleh menggunakan handphone jika kendaraan menepi atau tidak dalam keadaan berkendara,’’ ujarnya.  (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close