Magetan

Ubah Status Puskesmas Rawat Inap

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sebanyak 19 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di Magetan bakal diperbarui statusnya. Dari sebelumnya sebagai puskesmas rawat inap menjadi puskesmas dengan tempat tidur.

Kendati demikian, ketentuan itu masih menunggu regulasi dari pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes). ‘’Karena belum ada permenkes yang terbit, tentu pelayanan di sejumlah puskesmas itu berjalan seperti biasanya,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Magetan dr Hari Widodo Rabu (4/3).

Sebelumnya, Menkes Terawan Agus Putranto mengusulkan penyebutan puskesmas rawat inap diubah. Karena puskesmas dengan fasilitas tempat tidur dipersiapkan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pasien di FKTP tersebut, bukan untuk rawat inap. Maka, puskesmas dengan rawat inap direncanakan untuk dihapus menjadi puskesmas dengan tempat tidur. ‘’Dengan demikian, kalau ada pasien yang perlu rawat inap nanti akan dirujuk ke rumah sakit,’’ terang Hari.

Kebijakan itu tentu memaksa pemkab harus menunda pengembangan puskesmas di sejumlah wilayah. Seperti Sidokerto, Ngujung, dan Sukomoro. ‘’Tapi, sebelum ada instruksi tertulis dari Kemenkes, kami masih belum berani menjalankannya,’’ ujar mantan kepala Puskesmas Bendo itu.

Hari mengungkapkan, bila kebijakan itu memang diterapkan, tentu dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien di RSUD dr Sayidiman. Namun, persoalan lain tentu berpotensi muncul di masyarakat. Seperti jauhnya akses menuju rumah sakit pelat merah tersebut jika terdapat pasien dari wilayah pelosok. ‘’Tapi, rencana bupati (Suprawoto) membuka rumah sakit tipe D bisa menjadi solusi,’’ ungkapnya.

Hanya, dia menyatakan pembukaan rumah sakit tipe D tidak boleh memanfaatkan upgrade puskesmas. Seperti rencana pemkab yang akan meningkatkan status Puskesmas Karangrejo sebagai rumah sakit tipe D. ‘’Harus membangun baru, puskesmas tidak boleh dijadikan rumah sakit tipe D,’’ kata Hari. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button