Madiun

Uang Baru Mulai Diburu

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tradisi bagi-bagi duit saat Lebaran tampaknya masih menggejala meski hari raya kali ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Setidaknya itu tecermin dari tren penukaran uang di bank. Bahkan, tingginya permintaan mengakibatkan pecahan uang baru di sejumlah bank habis dalam sekejab.

‘’Begitu kiriman dari BI (Bank Indonesia, Red) datang, langsung habis terdistribusi ke nasabah,’’ kata Pemimpin Bidang Operasional Bank Jatim Kota Madiun Sugiastuti, Jumat (7/5).

Sugiastuti menyebut, tren kenaikan permintaan penukaran uang terlihat sejak H-8 Lebaran. Lonjakannya mencapai 60 persen dibanding hari-hari biasa. Sedangkan pecahan uang yang paling banyak diburu Rp 5.000 dan Rp 10 ribu. ‘’Kebijakan larangan mudik sepertinya tidak terlalu berpengaruh,’’ ujarnya.

Ditanya soal uang pecahan Rp 75 ribu edisi khusus HUT ke-75 RI, Sugiastuti menyebut cukup diminati. Itu tidak terlepas dari sisi keunikannya. ”Jumlahnya tidak banyak, tapi tetap kami distribusikan karena memang bank berkewajiban mengedarkannya sebagai alat pembayaran yang sah,” tuturnya. (mg2/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button