Madiun

Tutup RT/RW Jam 8 Malam

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tidak hanya akses masuk ke Kota Madiun yang diblokade demi menekan mobilitas warga. Menyusul status zona hitam, kebijakan itu juga diberlakukan hingga tingkat lingkungan rukun tetangga (RT). Keluar-masuk lingkungan dan lampu penerangan dibatasi maksimal sampai pukul 20.00.

Pengecualian sektor kritikal atau darurat tetap menjadi prioritas atau diizinkan. Langkah itu berlaku bagi 1.025 RT di tiga kecamatan kota ini. Dasarnya, Surat Edaran (SE) 300/2.560/401.012/2021 perihal Pembatasan Kegiatan Masyarakat tertanggal 16 Juli 2021. Ada dua poin utama dalam SE yang diteruskan ke camat.

Pertama, memberlakukan jam malam RT/RW maksimal pukul 20.00 serta menutup portal lingkungan. Kedua, mulai pukul 20.00 lampu reklame atau neon box milik warga dan pelaku usaha juga harus dipadamkan. Hanya diizinkan menggunakan satu lampu penerangan halaman.

SE tersebut ditandatangani Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Setda Kota Madiun Ahsan Sri Hasto yang ditunjuk sebagai Plt sekretaris daerah Kota Madiun. ‘’Langkah itu berdasar dari hasil evaluasi pelaksanaan PPKM darurat di Kota Madiun,’’ kata Ahsan, Senin (19/7).

Dari hasil evaluasi diketahui mobilitas warga masih tinggi. Hingga pemerintah pusat menetapkan zona hitam mobilitas bagi Kota Madiun dan 15 daerah lain. Pusat menginstruksikan upaya pengetatan tambahan untuk mengurangi mobilitas. ‘’Target dari pusat harusnya di daerah ada pengurangan 30 persen,’’ ujarnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button