Madiun

Turun Signifikan Kereta Jakarta-Surabaya Tak Tembus 1.000 Penumpang

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Penumpang kereta api (KA) dari Jakarta dan Surabaya yang turun di Stasiun Besar Madiun semakin turun. Pergerakan orang dari dua kota metropolitan itu banyak terkoreksi setelah diterapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Per 1 April, PT KAI Daop VII Madiun mencatat kedatangan penumpang di Stasiun Besar Madiun sebanyak 650 penumpang. Jika dirata-rata, maka per harinya hanya berkisar 45 penumpang. ‘’Awal bulan masih cukup banyak, tapi sekarang mulai berkurang signifikan,’’ kata Manajer Humas Daop VII Madiun Ixfan Hendriwintoko Rabu (15/4).

Penurunan itu, tegas Ixfan, persentasenya hingga 80-85 persen. Khususnya penumpang dari Jakarta dan Surabaya. Sementara penurunan global dari jurusan mencapai 95 persen. Dari kedatangan di hari normal yang setiap harinya berkisar 1.700-2.000 penumpang. ‘’Itu khusus di Stasiun Besar Madiun,’’ ujarnya.

Tentu, penumpang bukan hanya dari Kota Madiun. PT KAI Daop VII Madiun mengantongi personalisasi data dari setiap penumpang. Sehingga, bisa dikoordinasikan dengan Tim Satgas Covid-19 Kota Madiun. ‘’Masing-masing Daop juga membatalkan perjalanan kereta. Daop VII Madiun membatalkan dua perjalanan. Di Blitar ada KA Singasari dan KA Anjasmoro di Jombang,’’ ungkapnya.

Kini, hanya lima KA yang masih beroperasi. Yakni, KA Bima, KA Sancaka Pagi, KA Rangga Jati, KA Wijaya Kusuma, dan KA Kahuripan. KA yang masih dapat beroperasi itu tidak terdampak pembatasan jam operasional transportasi PSBB di Jakarta. ‘’Jam operasional hanya diperbolehkan mulai pukul 06.00-18.00,’’ tuturnya.

KA juga dibatasi kapasitasnya. Maksimal hanya boleh diisi 50 persen dari total tempat duduk. Aturan itu ditegaskan PT KAI sebagai wujud pelaksanaan physical distancing. PT KAI juga menjalankan seluruh protokol pencegahan Covid-19. ‘’Semua upaya pencegahan butuh dukungan setiap penumpang,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close