Tuliskan Langkah-langkah Membandingkan Kesesuaian Judul Bacaan Dengan Isi Bacaan – 4. Berdasarkan kata kunci pada judul, tuliskan perkiraan informasinya pada teks! 5. Analisislah kesesuaian judul dan isi teks di atas! Gunakan perkiraan informasi yang Anda buat di #4!
5. Judul dan isi teks tidak sesuai. karena teks tersebut tentang siswa yang peduli terhadap sampah, bukan tentang masalah sampah sembarangan dan perumahan yang tidak layak huni.
Tuliskan Langkah-langkah Membandingkan Kesesuaian Judul Bacaan Dengan Isi Bacaan
Pertanyaan baru B. Di Indonesia PERTANYAAN→PIKIRAN ” TEMAN SAYA CEMBURU” topik PIKIRAN→Nama saya Sinta Putri, saya sangat suka belajar bahasa Indonesia dan biologi. Saya mempunyai teman unik bernama Aulia dan saya bingung dengan dia. Karena teman saya adalah orang yang sangat sensitif. Menurutnya, saya tidak seharusnya menyukai dua jam ini. Meskipun itu adalah hakku. Suatu kali di kelas bahasa Inggris, saya tidak tahu mengapa saya tiba-tiba menyukai kelas tersebut. Mungkin alasannya juga karena guru yang mengajar tahu cara menyampaikannya dengan baik. Otomatis saya mulai aktif dalam pelajaran bahasa Inggris. Teng teng teng, bel sekolah berbunyi, jam istirahat. Saat itu aku langsung berjalan menuju Aulia untuk membawanya ke kantin. “Aul, ayo kita ke kantin?” bawa saya. “Tidak, aku tidak ingin berteman denganmu lagi!” jawabnya sambil membuang muka. Awalnya hanya terjadi sekali dan kami berdua kembali normal. Namun lama kelamaan hal serupa terjadi. Sangat aneh. Bukannya memahami perasaanku, Aulia malah membuatku gugup. Ceritanya saat ujian tengah semester (UTS) dia kesulitan menjawab soal biologi, saat itu dia menatapku. Aku dan Aulia tidak berada di bangku yang sama, Aulia berada tepat di depan tempatku duduk. “Dosa, kamu tahu esai nomor 5? Tanya saja jawabannya ya!” Aulia bertanya memohon. “Ayolah, ini bukan ujian biasa!” Aku menjawab. “Yah, kamu…” sambil kesal. Saya hanya mengabaikannya dan berharap dia akan menelitinya sendiri. Bayangkan, dia telah menyakiti saya dan ingin meminta jawaban dari UTS. Beberapa hari kemudian, hasil UTS Biologi dibagikan dan diumumkan. Aku mendapat nilai 90, sedangkan Aulia mendapat nilai 75. Aku melihat raut wajah temanku yang cemburu dan menyadari bahwa berteman dengan orang yang cemburu itu sulit. Kuasai bahasa Pelajari dunia Pengaruh media sosial teks tampilan laporan penelitian untuk siswa: alasan adanya topik: daftar pertanyaan: 1.2.3. ringkasan. Sebutkan ciri-ciri TEKS PENJELASAN kata baku pada kalimat denotasi kata jauh beserta artinya.Pengumuman penting, pemeliharaan server terjadwal (GMT) Minggu, 26 Juni, pukul 02.00 hingga 08.00. situs tidak aktif pada waktu yang ditentukan!
Buku Ipa Siswa
Hasil yang diharapkan: di rumah, maupun di lingkungan sekolah. Masih ingat lagu Aku Cinta • Siswa mengetahui materi tentang lingkungan hidup? Lagu aku cinta lingkungan berkisah tentang kepedulian terhadap lingkungan rumah. Bisakah Anda bernyanyi lagi tentang kepedulian remaja terhadap lingkungan? menurut intervalnya? Perhatikan cuplikan lagu Aku Cinta Lingkungan berikut ini. Ayo nonton Ayo nonton • Dalam kegiatan AYO, amati: siswa Tangga nada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan dan mereka diminta mengikuti sambil mendengarkan like do atau C is do. Interval dalam sebuah lagu berhubungan dengan tangga nada. Penjelasan guru tentang interval lagu pada Tahukah kamu nada C mayor? Baca paragraf berikut. Ayo mainkan lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan”. hafal lagi jurusan-jurusan berikut ini. • Guru dan siswa menyanyikan lagu “Aku tangga nada musik ke 1234567! Cinta Lingkungan”. C (alami) Jarak 1 1½ 1 1 1 ½ • Guru memberikan penjelasan tentang tangga nada dan interval cde f gabC. G a b c d e fis g • Siswa dapat bertanya jika ada materi yang belum dipahami. D de fis ga b cis d A ab cis d e fis gis a E e fis gis a b cis dis e B b cis dis e fis gis ais b Fis fis gis ais b cis dis eis fis C cis dis eis fis gis ais bis cis 22 Buku Siswa SD/MI kelas VI Hasil yang diharapkan: • Siswa memahami interval nada dalam lagu. • Siswa dapat mengidentifikasi rentang nada dalam lagu. • siswa dapat memainkan interval dalam lagu tersebut. Ayo membaca • Kegiatan READ: Siswa diminta membaca secara mandiri teks bacaan berjudul “Dampak Kepedulian Lingkungan Terhadap Remaja”. • Guru dapat memilih alternatif kegiatan c’ hingga e’ yang merupakan langkah ke 3 yang disebut terts. baca sebagai berikut. c’ ke f’ adalah langkah ke-4 yang disebut quart. Kegiatan membaca alternatif: 1. Alternatif 1: c’ sampai g’ adalah langkah ke 5 yang disebut kuin. Siswa diminta membacakan judul bacaannya dengan lantang. Guru bertanya tentang perkiraan isi bacaan dari c’ sampai a’. Ini adalah langkah ke-6 yang disebut sext. siswa berdasarkan judul yang dibacanya. c’ ke b’ adalah langkah ke 7, disebut sept. 2. Alternatif 2: Guru meminta siswa membaca dari c’ sampai c” yang merupakan langkah ke 8 yang disebut oktaf. membaca selama 4 menit, kemudian siswa diminta menjelaskan isi bacaannya. Baca sekarang tentang masalah lingkungan remaja. Masa remaja merupakan masa penyesuaian diri dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa awal. Masa pubertas dini terjadi pada usia sekitar 10-12 tahun. Masa remaja berakhir sekitar usia 18-22 tahun. Dalam perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan jati diri anak sangat menonjol. Bagaimana cara meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan remaja? Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk membantu remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kesadaran lingkungan. Misalnya melalui aktivitas pecinta alam. Kegiatan pecinta alam dapat meningkatkan kesadaran remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam diwujudkan dalam sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan bagi pecinta alam yang menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan antara lain: 1. Reboisasi pada lahan yang mengalami deforestasi. 2. Pembuatan tempat pembuangan sampah bersama. 3. Menanam pohon di sekitar pekarangan. 4. Hemat air dalam aktivitas sehari-hari. Dengan cara ini, generasi muda kita dapat menjadi generasi muda yang cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang sadar lingkungan. Dengan adanya kesadaran remaja akan pentingnya penghijauan, maka kelestarian hutan dan alam sekitar tetap terjaga. Hutan Indonesia terlihat hijau. Ada banyak pepohonan di pinggir jalan raya dan indah sekali. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja terhadap lingkungan biasanya dimulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar. Kepedulian remaja terhadap lingkungan hidup sangatlah penting dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Coba perhatikan keadaan bumi saat ini. Pemanasan global dapat menimbulkan dampak 24 Sub Topik 1 Buku Siswa Kelas VI SD/MI: Masyarakat Peduli Lingkungan 43
3. Alternatif 3: Guru menyebutkan kata-kata kunci yang berhubungan dengan bacaan. Siswa diminta menjelaskan berdasarkan kata kunci. • Siswa kemudian menceritakan kembali materi teks yang telah dibacanya sebelumnya. Hasil yang diharapkan: • Siswa senang membaca. • Siswa memahami isi bacaan. • Siswa dapat memberikan perkiraan informasi berdasarkan kata kunci dalam bacaan. • Siswa dapat menjelaskan perubahan iklim/meningkatnya kondisi cuaca ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah, dampak kekhawatiran remaja tidak dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat kecuali lingkungan. kekeringan di tempat lain. Topan dan badai tropis muncul dan cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu, Ayo Praktek dampak pemanasan global mengancam ketersediaan air bersih yang sulit didapat. Oleh karena itu, peran serta remaja untuk peduli terhadap lingkungan hidup • MARI BERLATIH: Kegiatan-kegiatan sebelumnya sangat kami harapkan. Remaja dapat mengajak masyarakat untuk mengetahui bahwa siswa telah membaca literatur dengan topik perlindungan lingkungan. Dengan cara ini, pemanasan global dan “kekhawatiran generasi muda mengenai dampaknya terhadap masyarakat dapat dihindari. Remaja menjadi sepeda motor lingkungan hidup.” pembangunan bangsa. Kepedulian remaja terhadap lingkungan memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menjaga lingkungan. • Guru juga telah menjelaskan kepada siswa materi tentang bentuk-bentuk kepedulian (Fadli, Se, Kantor Pusat IWF) http://www.iwf.or.id/detail_content/130 bagi remaja terhadap lingkungan. Ayo Latihan Apa judul bacaan di atas yang benar? Cobalah untuk menemukan kata kunci dalam judul teks! Kemudian tuliskan kata kunci tersebut pada kolom dibawahnya. Berdasarkan kata kunci yang ditemukan, tuliskan juga informasi yang terkandung dalam teks tersebut. Tanpa kata kunci Perkiraan informasi yang disertakan 1. Teks berdasarkan kata kunci 2. Masa remaja adalah masa mencapai masa pubertas. berapa usia Anda sekarang Apakah kamu sudah remaja? Apakah Anda sudah melewati masa pubertas? Pubertas terjadi pada anak laki-laki dan perempuan. Masih ingat tanda-tanda pubertas pada anak laki-laki? • Siswa kemudian diminta menjawab 25 pertanyaan yang ada di buku siswa subtopik 1: Masyarakat Peduli Lingkungan. Alternatif jawaban adalah: Tidak. Kata Kunci Menilai informasi yang terkandung dalam teks berdasarkan kata kunci 1. Kepedulian terhadap remaja. Membaca termasuk kegiatan bagi remaja. 2. Bentuk-bentuk kepedulian. Kuliahnya mencakup kegiatan perlindungan lingkungan. • Setelah selesai, siswa menyerahkan hasilnya kepada guru untuk dievaluasi atau dinilai. • Guru mengevaluasi dan mengkonfirmasi jawaban siswa. 44 Buku Guru Kelas VI SD/MI
Hasil yang diharapkan: • Siswa mampu memahami dampak kepedulian terhadap lingkungan di kalangan remaja. • Siswa dapat mencari kata kunci dalam bacaan. • Siswa dapat mengekstrak informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci. Ayo Amati Ayo Amati • Dalam kegiatan OBSERVE: siswa diminta mengamati gambar. • Guru kemudian mengajukan pertanyaan. Ikuti gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? sebagai berikut. Gambar manakah Berdasarkan gambar di atas, ingatkah Anda tanda-tanda pubertas pada anak laki-laki yang menandakan masa remaja? pria. Lalu tuliskan pada kolom berikutnya. • Siswa yang bersangkutan ditanyai Tanda-Tanda Pubertas pada Anak Laki-Laki: Angkat tangan. Sama halnya dengan laki-laki, perempuan juga
Tuliskan bacaan dzikir, tuliskan bacaan istighfar, tuliskan bacaan niat sholat tahajud, tuliskan bacaan sujud sahwi, tuliskan bacaan salat, langkah menentukan judul skripsi, tuliskan bacaan tasbih, tuliskan bacaan doa setelah wudhu, tuliskan bacaan sujud, tuliskan bacaan takbiratul ihram, tuliskan bacaan doa qunut, tuliskan langkah langkah metode ilmiah