Pacitan

Tulisan Raib, Tugu Perbatasan Pacitan-Ponorogo Tak Terawat

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kondisi tugu tapal batas Pacitan-Ponorogo memprihatinkan. Usai diterjang banjir bandang 2017 silam, tugu di Desa Gemaharjo, Tegalombo, itu tak terawat. Tulisan Bumi Kelahiran SBY yang sempat ikonik telah raib. Satu per satu aksara warna putih itu rontok. ‘’Tahun ini belum ada rencana (perbaikan),’’ kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pacitan Joni Maryono Senin (3/2).

Menurut Joni, meski menahun rusak, perbaikan tugu selamat datang tersebut belum mendesak. Alasannya, banyak agenda pembangunan lain yang lebih urgen. Sedangkan, bangunan tugu masih kokoh berdiri. Pihaknya berencana mengusulkan perbaikan lewat dana alokasi umum (DAU) atau pemprov. ‘’Kami programkan. Mungkin 2021 akan dianggarkan karena eman-eman,’’ ujarnya.

Selain tugu, jembatan di perbatasan Pacitan-Ponorogo juga jadi tanggung jawab Pemkab Pacitan. Rencananya, lokasi tersebut bakal disulap jadi rest area. Sebab, pintu masuk dari arah Ponorogo itu masih berjarak sekitar 60 kilometer ke Pacitan kota. ‘’Mumpung belum dijadikan angkringan atau lainnya, coba diarahkan jadi rest area,’’ tuturnya.

Sejatinya, saat masih ada tulisannya, tugu tersebut acap jadi tempat swafoto masyarakat. Yakni, sebelum diterjang banjir bandang silam. Banyak warga luar daerah yang berkunjung ke Pacitan mengambil gambar di lokasi tersebut. Saat ini kondisinya tidak menarik lagi. ‘’Tinggal tulisan Pacitan,’’ ungkap Joni.

Riska Putri, salah seorang wisatawan asal Madiun, kecewa mendapati kondisi penanda tapal batas itu. Sebab, dia tidak lagi mendapati salah satu ikon Kota 1.001 Gua tersebut. Niatnya berswafoto berlatar tulisan Bumi Kelahiran SBY pun pupus. ‘’Kalau dirawat apalagi dibuat lebih bagus, pasti lebih menarik karena di sini pintu masuk Pacitan,’’ tuturnya.

Dia berharap pemkab setempat serius menggarap salah satu ikon tersebut. Sebab, bisa jadi daya tarik pengunjung. Kurang afdal saat berkunjung ke suatu daerah tanpa mengabadikan ikonnya. ‘’Kalau foto di depan tulisan kan jelas ada di mana,’’ ujarnya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button