News

Tujuan Utama Dari Teks Cerita Inspiratif Adalah

×

Tujuan Utama Dari Teks Cerita Inspiratif Adalah

Share this article

Tujuan Utama Dari Teks Cerita Inspiratif Adalah – Pernahkah Anda membaca buku pengembangan diri, buku motivasi, atau kisah orang-orang inspiratif? Pola bacaan ini namanya cerita motivasi/teks motivasi lho! Nah pada artikel kelas 9 bahasa indonesia kali ini kita akan mengkaji tentang pengertian teks persuasif, tujuan, jenis, ciri-ciri, struktur dan kaidah kebahasaannya! –

Sahabat, pernahkah kamu merasa down dan kehilangan inspirasi? Sepertinya saya sudah kehilangan semua motivasi untuk melakukan apa pun, ya. Sebenarnya aku tidak ingin bangun dari tempat tidur.

Tujuan Utama Dari Teks Cerita Inspiratif Adalah

Nah, biasanya ketika situasi seperti ini muncul, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan motivasi kita adalah dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber. Misalnya menonton film atau serial, mendengarkan musik atau podcast, dan membaca.

Apa Itu Cerita Inspiratif? Ketahui Ciri, Struktur, Unsur, Kaidah Kebahasaan, Hingga Langkah Menulisnya

Membaca bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti buku, artikel, majalah, atau kisah hidup seseorang yang dibagikan melalui media sosial. Oleh karena itu, teks yang dibaca dengan ilham disebut juga teks ilham/teks ilham.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilham adalah ilham. Secara umum pengertian teks inspirasi atau teks inspirasi dapat disebut sebagai bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan inspirasi, ide atau pemikiran, sehingga meningkatkan motivasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Berdasarkan definisi tersebut maka tujuan dari teks motivasi adalah untuk meningkatkan dan menumbuhkan semangat, motivasi dan rasa percaya diri untuk menghadapi segala tantangan yang mungkin dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Teks inspiratif sering kali didasarkan atau diadaptasi dari kisah nyata seorang tokoh. Hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa hal-hal positif yang terjadi dalam cerita dapat dirasakan dan dialami oleh pembaca. Namun, ada teks inspiratif yang ceritanya berupa dongeng penuh makna.

Pengertian Teks Narasi: Ciri, Struktur, Kaidah Dan Contoh

Selain kisah nyata, setiap bentuk penulisan teks motivasi dapat dikembangkan dari topik tertentu menjadi sebuah kisah motivasi yang menarik.

Teks inspiratif mempunyai narasi yang memberikan pemahaman tentang awal, inti, dan akhir sebuah cerita atau cerita. Oleh karena itu, teks motivasi juga bisa disebut teks cerita karena menggambarkan rangkaian waktu peristiwa yang dialami tokoh dari awal hingga akhir.

Teks persuasif pada dasarnya bersifat naratif karena menggambarkan rangkaian peristiwa. Salah satunya terbukti dalam alur cerita.

Dalam teks motivasi, tokoh-tokoh dengan kisah hidup dan latar belakang cerita yang berbeda-beda menjadi sumber inspirasi atau teladan bagi pembacanya. Seringkali tokoh dalam cerita motivasi adalah orang-orang yang telah mencapai hal-hal besar, memberikan pengaruh pada dunia, atau orang-orang dengan keterbatasan fisik karena tekadnya untuk bekerja dan meraih kesuksesan. Namun tokoh inspiratif ditampilkan dalam bentuk tokoh fiksi atau binatang.

Baca Juga  Jelaskan Fungsi Tulang Dan Otot Pada Manusia Brainly

Kumpulan Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata

Teks persuasif mempunyai banyak ragam dan dikelompokkan berdasarkan sifat peristiwa dan tokohnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Berdasarkan tokohnya, teks inspiratif dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu teks inspiratif dengan tokoh terkenal, sufi, dan binatang.

Istirahat dulu, yuk! Nah, sudahkah Anda mulai memahami pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis teks motivasi? Saya ingin memperkenalkan Anda pada fitur-fitur canggih dari aplikasi ini yaitu ADAPTO. Dengan fitur ini, Anda dapat mengeksplorasi materi pembelajaran lebih mendalam dengan konten yang dapat disesuaikan sehingga terasa seperti belajar dengan guru privat. Jika Anda tertarik, klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut!

Baiklah, silakan! Seperti teks lainnya, teks inspirasi juga mempunyai struktur yaitu abstrak, perspektif, komplikasi, kesimpulan dan koda. Jadi, apa arti kata-kata ini? Berikut penjelasannya!

Bahan Ajar Digital

Abstrak adalah deskripsi isi teks. Bagian pertama ini opsional, artinya pembaca boleh atau tidak menulisnya. Namun umumnya bagian ini jarang ditulis.

Bagian ini mencakup pengenalan tokoh dan latar, termasuk waktu, tempat, dan suasana. Biasanya pengenalan tokoh ada di paragraf pertama, sedangkan latarnya dijelaskan di paragraf pertama dan kedua.

Komplikasi dipahami sebagai tahapan munculnya berbagai masalah. Dalam teks inspiratif, komplikasi berkaitan dengan hal-hal problematis yang dialami atau dialami tokoh. Misalnya kemiskinan atau pengangguran.

Setiap orang inspiratif tentu mempunyai cara berbeda-beda dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Hal ini diklasifikasikan sebagai resolusi, yaitu langkah penyelesaian suatu masalah atau konflik.

Pada Cerita Kentang, Telur, Dan Biji Kopi Tentukanlah Struktur Cerita ​

Coda merupakan tahap terakhir dari sebuah teks motivasi yang berisi tentang akhir dari keseluruhan peristiwa, sehingga pada bagian ini pembaca dapat mempelajari nilai-nilai atau pesan moral yang harus diikuti dan diwujudkan dalam kehidupan. Bagian coda biasanya muncul di paragraf terakhir.

Teks inspiratif seringkali menggunakan kata-kata ekspresif yang menggambarkan perasaan tokohnya, seperti perasaan empati, kasih sayang, kepedulian, dan perasaan pribadi tokoh tersebut.

Teks persuasif sering kali menggunakan kalimat deskriptif, yaitu kalimat yang berisi uraian atau penjelasan rinci tentang suatu hal.

Nah, agar belajar lebih menyenangkan, berikut contoh teks motivasi yang diurutkan berdasarkan strukturnya. Mari kita basah bersama, oke?

Teks Cerita Inspiratif (presentasi (169))

Kisah mengharukan tentang persahabatan ini datang dari negeri layar bambu. Kisah nyata kedua sahabat ini menjadi perbincangan di media sosial Tiongkok pada tahun 2015, dan bagaimana tidak, kisah tersebut membuat netizen terharu.

Dua siswa SMA bernama Xi Xu dan Zhang Chi adalah sahabat. Mereka pertama kali bertemu di sekolah menengah pertama di Sekolah Menengah Daxu di Xuzhou, Provinsi Jiangsu, Tiongkok utara. Xi Xu adalah seorang anak dengan kepribadian dan teladan yang hebat. Dia memberi pengaruh positif pada teman-teman di sekitarnya.

Baca Juga  Permainan Bola Basket Dimainkan Oleh ... Tim

Sedangkan Zhang Chi merupakan anak dengan keterbatasan fisik. Mereka tidak dapat berjalan karena menderita distrofi otot, atau penyakit yang menyebabkan kelemahan progresif dan hilangnya massa otot.

Pergi ke sekolah bukanlah hal yang mudah baginya. Tidak mudah memang menahan badan sendiri, apalagi masuk ke dalam kelas sendiri. Saat Zhang Chi tidak bisa berjalan ke kelas, Xi Xu selalu membantunya dengan mengantarnya dari kamar asrama ke kelas. Hal yang sama terjadi ketika Zhang Chi ingin kembali ke asrama.

Merajut Kisah Inspiratif Orang Biasa Membangun Lingkungannya

Tidak hanya itu, Xi Xu membantu sahabatnya mengerjakan tugas lain seperti mencuci piring, mencuci pakaian, dan mencari makanan. Program ini dilaksanakan selama 3 tahun.

Meski memiliki keterbatasan fisik, Zhang Chi tetap bersemangat belajar di sekolah. Berkat Xie Xu, Zhang Chi tidak kesulitan belajar. Mereka dikenal sebagai siswa pekerja keras dan terbaik di kelasnya.

Kisah kedua sahabat ini sangat inspiratif dan patut kita teladani. Xie Xu selalu membantu Zhang Chi dengan sepenuh hati. Karakter Xie Xu luar biasa. Begitu pula dengan Zhang Chi yang sangat ingin bersekolah meski memiliki keterbatasan fisik.

Dari teks motivasi di atas kita dapat belajar bahwa kita harus bekerja sama dan saling menyemangati untuk anak-anak yang mempunyai keterbatasan fisik. Daripada benar-benar bertindak

Al Qur’an Membimbing Masa Depanku (kisah Inspiratif Kakak Beradik Penghafal Al Qur’an)

Merupakan pembahasan tentang teks persuasif, makna, tujuan, genre, format, struktur dan kaidah kebahasaan. Butuh inspirasi belajar dari seorang guru? Ayo daftar secara pribadi! Anda dapat memilih guru sesuai dengan preferensi Anda dan belajar dimanapun dan kapanpun Anda mau. Ayo, dapatkan pelajaran sekarang! Teks cerita inspiratif merupakan jenis teks naratif yang memberikan inspirasi bagi banyak orang. Teks cerita inspiratif dapat menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal positif berkat inspirasi dari cerita-cerita yang ada di dalamnya.

Dalam buku “Bahan Pokok Bahasa Indonesia SMP” karya Hari Wibowo dijelaskan bahwa teks cerita inspiratif sama dengan teks prosa naratif lainnya karena sama-sama mempunyai tokoh, latar, dan alur. Itu bisa fiksi atau nyata.

Tujuan dari teks cerita motivasi adalah untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri, serta mendorong motivasi setiap individu dalam mengatasi tantangan yang dihadapi.

Dikutip dari Buku Besti Bahasa Indonesia “SMP/MTs Kelas VII, VIII, & IX” terbitan CMedia, teks motivasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

Materi Teks Cerita Inspiratif Kelas 9

Suatu hari sebuah celah kecil muncul. Dia memperhatikan kupu-kupu itu selama beberapa jam ketika dia mencoba memaksa tubuhnya melewati lubang kecil. Hingga tiba-tiba berhenti dan seperti macet.

Pria itu tidak memikirkan apa pun dan duduk menunggu kupu-kupu itu melebarkan sayapnya untuk membantu. Tapi itu tidak terjadi. Kupu-kupu menghabiskan sisa hidupnya tanpa bisa terbang, merangkak dengan sayap kecil dan tubuh bengkak.

Baca Juga  Sebuah Akor Paling Sedikit Terdiri Atas

Walaupun laki-laki itu baik hati, ia tidak mengerti bahwa kepompong yang keras dan perjuangan kupu-kupu untuk masuk melalui lubang kecil itu adalah cara Tuhan untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayapnya. Setelah kupu-kupu keluar dari kepompong, bersiaplah untuk terbang.

Anda harus mendedikasikan diri Anda kepada orang lain sesegera mungkin, jika mungkin, biasakan sejak kecil. Hal inilah yang dilakukan oleh seorang gadis berusia 6 tahun bernama Tse Tse asal Tiongkok yang sudah mengambil tanggung jawab terhadap keluarga.

Struktur Teks Cerita Sejarah: Penjelasan, Ciri Ciri, Jenis Dan Contoh

Anak yang masih duduk di bangku kelas 1 SD ini memberi makan ayahnya dengan penuh kasih sayang dan menyemangati ayahnya untuk membantunya berjalan. Sesekali ia keluar rumah untuk mengumpulkan botol-botol bekas sebagai penghasilan tambahan.

Tentu saja sikap ini harus kita ikuti. Mengingat usia Tse Tse adalah 6 tahun.

Sadar tidak akan lagi bekerja dengan kontraktor, ia membangun rumah tersebut dengan cepat dan asal-asalan. Rumahnya tidak terlalu bagus.

Setelah menyelesaikan rumah tersebut, kontraktor tersenyum dan berkata, “Rumah ini adalah hadiah untuk Anda karena telah bekerja dengan saya selama ini.” Sudut pandang 2. Rangkaian peristiwa 3. Penyusunan 4. Penyelesaian 5. Kode 1. Penggunaan kata ekspresif 2. Penggunaan kalimat deskriptif 3. Penggunaan kata penghubung 4. Penggunaan kiasan 1. Biasanya berdasarkan kisah nyata 2 .Memiliki tema tertentu 3. Judul yang menarik 4. Mempunyai alur yang menarik 5. Sifat naratif 6. Memiliki tokoh yang ingin diceritakan 1. Berdasarkan sifat peristiwa 2. Berdasarkan tokoh

Cara Membuat Teks Cerita Inspiratif Yang Baik Dan Benar, Ini Contohnya

Teks cerita inspiratif merupakan suatu bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan inspirasi, pemikiran atau ide yang meningkatkan motivasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Tujuan dari teks cerita inspiratif adalah untuk meningkatkan motivasi, motivasi dan rasa percaya diri untuk menghadapi segala tantangan yang mungkin dihadapi dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Resolusi adalah tahap penyelesaian suatu masalah atau konflik. Setiap orang inspiratif pasti mempunyai cara berbeda-beda dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya.

Coda adalah sampul latar belakang cerita persuasif atau teks naratif

Pengertian Orientasi Dan Contoh Teks Orientasi Yang Perlu Diketahui

Contoh teks cerita inspiratif, tujuan utama khitan adalah, tujuan utama dari akuntansi keuangan adalah untuk, tujuan utama dalam pertandingan sepak bola adalah, tujuan utama dari permainan sepak bola adalah, tujuan utama dari lean startup adalah, cara membuat teks cerita inspiratif, tujuan utama iklan adalah, tujuan utama pembangunan berkelanjutan adalah, teks cerita inspiratif, tujuan utama dari iklan adalah, tujuan utama pemasangan fixed fire fighting system adalah